BERITA

Pertura 2024, Suguhkan Hiburan Rakyat dan Sosialisasi Pilkada hingga Kemajuan Kota di era 5.0

Admin Kota 21 Oct 2024 32x Share
img-berita

Kota Blitar - Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Blitar tahun ini kembali menyelenggarakan pertunjukan rakyat (Pertura) dengan beragam penyampaian informasi dikemas dalam hiburan kesenian bersama sejumlah pelaku seni di Kota Blitar. Berlangsung di halaman Diskominfotik Kota Blitar, Jum'at Malam (18/10/2024).

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Blitar, Mujianto mengatakan pertura merupakan salah satu puncak dari rangkaian kegiatan yang dilaksanakan sejak satu bulan lalu, yang melibatkan sejumlah pelajar, OPD di lingkup pemkot Blitar, hingga berbagai elemen masyarakat yang ada. Mujianto menjelaskan dengan tema yang dipilih "Berkelanjutan dan Memajukan" merupakan upaya dari Diskominfotik untuk mengoptimalkan penggunaan perangkat dan alat teknologi positif dalam kehidupan sehari - hari. Tidak hanya itu, dalam pertura kali ini juga memberikan wadah para pelaku seni dan budaya tetap bisa menghibur dan mengekspresikan keterampilan seni yang ada.

Disamping itu, pihaknya juga menyisipkan sejumlah informasi penting seperti pelaksanaan Pilkada, cegah stunting, Kota Blitar berintegritas, program pembangunan Kota Blitar, transformasi digital, pemanfaatan teknologi secara positif, pengelolaan air minum dan sanitasi sumber daya.

"Penyebarluasan informasi dan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan. Pertura (Pertunjukan Rakyat) puncak rangkaian kegiatan yang dilaksanakan sejak satu bulan lalu seperti kegiatan final yang dilakukan dengan melibatkan berbagai wujud baik dari pelajar, organisasi perangkat daerah, masyarakat, maupun dari berbagai elemen yang ada," kata Mujianto.

Sementara itu, Walikota Blitar, Drs. H. Santoso, M.Pd mendukung dan mengapresiasi kegiatan pertura 2024. Santoso menjelaskan pertura menjadi salah satu alat pemerintah daerah untuk memberikan informasi terkait kemajuan IT yang sudah memasuki era 5.0. Selain itu, memanfaatkan kemampuan dan keahlian seniman agar diberikan ruang gerak untuk mengaktualisasi terhadap karya seni. Terlebih pertura juga digunakan sebagai media informasi, komunikasi pada masyarakat utamanya menyangkut berbagai program yang diselenggarakan oleh pemkot Blitar.

Pihaknya mencontohkan seperti pelaksanaan Pilkada 2024 yang akan berlangsung pada 27 November mendatang dapat digelar secara damai, tanpa ada permusuhan dan perpecahan beda pilihan atau pendapat.

"Melalui kesenian ini, masyarakat bisa menikmati sebuah pertunjukkan dan menyampaikan informasi berbagai keberhasilan pemkot Blitar, program yang diraih maupun yang berjalan," kata Walikota Santoso.

Sementara dalam kegiatan ini juga dirangkai dengan penyerahan hadiah sejumlah perlombaan 5.0 seperti lomba ILM, KIM, poster digital, reportase, Anugerah KIP hingga cerdas cermat. (Fan)

Berita Populer

Makna Hari Raya Kupatan

by Admin Kota | 13 Jun 2019

KPU Kota Blitar Tetapkan DPT Pemilu 2024

by Admin Kota | 22 Jun 2023

© Copyright 2023 Pemerintah Kota Blitar. All Rights Reserved