BERITA

KPU Kota Blitar Segera Petakan Jumlah TPS Pemilu 2024

Admin Kota 11 Jan 2023 2k Share
img-berita

Kota Blitar - KPU Kota Blitar telah menerima Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) hasil sinkronisasi KPU Pusat melalui Provinsi Jawa Timur. Berdasarkan data tersebut, jumlah pemilih potensial di Kota Blitar pada Pemilu 2024 nanti mencapai 119.494 orang. Saat ini, KPU Kota Blitar tengah menyusun berbagai langkah untuk memetakan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2024.

Komisioner KPU Kota Blitar Divisi Teknis, Ninik Solikhah mengatakan DP4 yang turun masih berupa angka. Sementara data by name dan by address nya hingga kini masih menunggu dari pusat. Jika sudah turun, Ninik mengaku akan segera melakukan pemetaan jumlah dan kebutuhan TPS di Kota Blitar. Jika dihitung berdasarkan Data Pemilih Berkelanjutan (DPB) bulan September 2022, jumlah TPS di Kota Blitar sebanyak 481 titik. Sementara jika mengacu DP4, ditemukan angka 499 TPS. Belum termasuk TPS khusus yang berada di Lapas Kelas II B Blitar. 

“Karena ini kan Pemilu 2024 memanfaatkan dana dari APBN. Nah apakah nanti dari KPU RI menyetujui yang 499 TPS, karena jumlah itu mengaku DPT Pemilu 2019 ditambah 4% dari jumlah pemilih,” jelas Ninik.

Namun demikian, pihaknya harus mengkomunikasikan hal tersebut dengan internal KPU Kota Blitar dan badan Adhoc yang telah terbentuk yaitu PPK. Sebab, jika mengaku by name dan by address bisa saja terjadi pergeseran jumlah pemilih di Kelurahan. Artinya jumlah pemilih di setiap kelurahan, bisa mengalami pengurangan atau penambahan. 

“Sebenarnya yang tahu kondisi di lapangan itu PPS, tapi kan ini juga masih proses pembentukan. Jadi nanti akan kita bahas bersama internal KPU dan PPK dulu,” kata Ninik.

Lebih lanjut, Ninik menyebut hasil pemetaan TPS Pemilu 2024 nantinya akan diusulkan terlebih dahulu ke KPU RI. Angka yang disetujui, menjadi tolak ukur perekrutan panitia pemutakhiran data pemilih (partarlih), akhir Januari 2023. (Kir)

Berita Populer

Makna Hari Raya Kupatan

by Admin Kota | 13 Jun 2019

KPU Kota Blitar Tetapkan DPT Pemilu 2024

by Admin Kota | 22 Jun 2023

© Copyright 2023 Pemerintah Kota Blitar. All Rights Reserved