BERITA

SPP SMA-SMK di Blitar Gratis Mulai Tahun Ajaran Baru, Juli 2019 Nanti

Admin Kota 08 Apr 2019 269x Share
img-berita

Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) akan menggratiskan SPP bagi SMA dan SMK Negeri tahun ajaran baru Juli 2019 mendatang. Untuk itu, Pemprov telah menyiapkan anggaran senilai Rp. 1,8 trilliun untuk menyukseskan program dengan nama Pendidikan Gratis Berkualitas atau TisTas.

Trisilo Budi Prasetyo, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim wilayah Kota/Kabupaten Blitar mengatakan, alokasi anggaran untuk bantuan SPP siswa SMA dan SMK di Blitar mencapai Rp 16,6 miliar. Nantinya,setiap siswa berhak mendapatkan dana bantuan SPP sebesar Rp 70.000 per bulan.

Trisilo menegaskan, anggaran ini hanya untuk siswa yang bersekolah di lembaga pendidikan negeri. Sementara untuk swasta bantuan SPP langsung diserahkan ke masing-masing sekolah. Melalui program ini, kata Trisilo, sekolah dilarang memungut uang SPP pada siswa.  Selain SPP gratis, Pemprov juga tengah membahas rencana anggaran untuk penggratisan seragam bagi siswa SMA-SMK Negeri.

“Jika biaya operasional mengalami kekurangan, sekolah bisa memungut uang sumbangan ke siswa melalui komite sekolah. Lalu komite sekolah yang menentukan besaran uang sumbangan tersebut” jelas Trisilo. (Kir)

Berita Populer

Makna Hari Raya Kupatan

by Admin Kota | 13 Jun 2019

KPU Kota Blitar Tetapkan DPT Pemilu 2024

by Admin Kota | 22 Jun 2023

© Copyright 2023 Pemerintah Kota Blitar. All Rights Reserved