BERITA

RSUD Mardi Waluyo Bisa Layani Pemeriksaan Deteksi TBC Lewat Metode TCM

Admin Kota 25 Apr 2019 246x Share
img-berita

RSUD Mardi Waluyo kini dapat melayani pemeriksaan deteksi TBC dengan metode Tes Cepat Molekuler (TCM). Dengan metode TCM, dokter bisa mendeteksi adanya infeksi TB dalam tubuh pasien hanya 90 menit.

Harni Setyorini, Kepala bidang  Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Blitar mengatakan, pemeriksaan TCM dinilai lebih praktis dibanding tes sputum mikroskopik, atau tes dahak yang membutuhkan waktu 6-8 minggu untuk mendapatkan hasil. Akurasi hasil dari  metode TCM dalam mendeteksi TBC dan TBC resisten pun mencapai 99%.

Warga yang menderita batuk berkepanjangan dan sudah dilakukan rontgen, tapi tidak ditemukan adanya penyakit, bisa langsung melakukan pemeriksaan TCM di RSUD Mardi Waluyo. Metode ini dinilai lebih praktis meskipun dokter juga bisa menegakkan diagnosis dengan pemeriksaan rontgen, tapi angka sensitivitasnya rendah.

“Metode baru ini lebih cepat dan akurat. Jadi kalau warga setelah rontgen ingin memperkuat diagnosanya, disaranka periksa TB lewat metode TCM ini, ” Jelas Harni.


Dengan pemakaian TCM, diharapkan bisa mempermudah penanganan pasien terduga TB, sehingga bisa segera diobati dan cepat sembuh. (Yud)

Berita Populer

Makna Hari Raya Kupatan

by Admin Kota | 13 Jun 2019

KPU Kota Blitar Tetapkan DPT Pemilu 2024

by Admin Kota | 22 Jun 2023

© Copyright 2023 Pemerintah Kota Blitar. All Rights Reserved