BERITA

Pustu Kauman Hadirkan 2 Layanan Utama

Admin Kota 08 Apr 2019 237x Share
img-berita

Puskesmas Pembantu (Pustu) hadirkan dua layanan utama. Layanan yang dihadirkan diantaranya adalah layanan kesehatan ibu dan anak serta layanan klinis dasar.

Didik Djumianto, Kepala UPTD Puskesmas Kepanjenkidul mengatakan bahwa semua warga dapat memanfaatkan fasilitas kesehatan ini, mulai dari layanan Posyandu hingga pemeriksaan klinis ibu dan anak. Sementara itu untuk pelayanan klinis dasar, terbuka untuk seluruh warga yang ingin memeriksakan kondisi kesehatannya atau keluhan sakit yang dialami. Jika dirasa perlu penanganan lanjutan, maka petugas Pustu akan merujuk warga ke Puskesmas atau Rumah Sakit.

Sesuai standar yang ditentukan Permenkes RI Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat, semua Pustu memang menjadi tempat untuk pelayanan kesehatan dasar. Selain itu, Pustu juga menjadi pelayanan berbasis masyarakat, baik bagi kader kesehatan, warga dan tokoh masyarakat. 

“Layanan Pustu memang tidak selengkap Puskesmas, tapi Pustu menjadi ujung tombang sosialisasi dan kegiatan kesehatan di lingkungan warga. Selain terdapat seorang petugas khusus layanan ibu dan anak serta seorang perawat, Pustu Kauman juga akan menjadwalkan kehadiran Dokter keliling” jelas Didik saat peresmian Pustu Kauman di Halaman Kelurahan Kauman . (Yud)

Berita Populer

Makna Hari Raya Kupatan

by Admin Kota | 13 Jun 2019

KPU Kota Blitar Tetapkan DPT Pemilu 2024

by Admin Kota | 22 Jun 2023

© Copyright 2023 Pemerintah Kota Blitar. All Rights Reserved