BERITA

Pokmas Kampung Batik Kembang Turi Dapat Pesanan Dari DPRD

Admin Kota 08 Mar 2019 269x Share
img-berita

Kelompok Masyarakat (Pokmas) Kampung Batik Kembang Turi, Kelurahan Turi Kecamatan Sukorejo Kota Blitar tengah menyelesaikan pesanan kain batik dari DPRD Kota Blitar. 

Parianto, Ketua Pokmas Kampung Batik Kembang Turi menyebutkan, sebanyak 25 pesanan kain yang saat ini tengah dikerjakan para pengrajin. Sebanyak 15 pengrajin yang mengerjakan batik khas kembang turi ini. Dari 25 batik yang dipesan, 18 lembar berukuran 2 meter dan yang 7 lembar berukuran 2,5 meter. 

Parianto menambahkan, pesanan ini masuk 28 Februari dan ditargetkan dua minggu sudah bisa selesai, asal cuaca mendukung. Mulai dari pemberian motif, nyanting, pewarnaan sampai selesai. Sehingga pertengahan bulan Maret 2019 sudah bisa dikirim ke pemesan. Sesuai pesanan, batik yang dikerjakan menggunakan pewarna alam, agar menghasilkan warna yang dinginkan, dilakukan pencelupan empat kali. Lebih banyak jika dibanding dengan pewarnaan yang lain.  

‘’Untuk pewarnaan memang menggunakan pewarna alam. Celop kain ke pewarna alam, agar  menghasilkan warna yang diinginkan, dilakukannya sampai empat kali’’, kata Parianto.
  
Batik yang saat ini tengah dikerjakan, batik tulis dengan motif batik kembang turi. Menggunakan pewarna alam dari buah rambutan. Dengan hasil akhir warna kombinasi hitam, coklat keabu abuan. (der)
 

Berita Populer

Makna Hari Raya Kupatan

by Admin Kota | 13 Jun 2019

KPU Kota Blitar Tetapkan DPT Pemilu 2024

by Admin Kota | 22 Jun 2023

© Copyright 2023 Pemerintah Kota Blitar. All Rights Reserved