BERITA

Pokmas Kampung Bathok Gelar Bazar Bathok

Admin Kota 26 Mar 2019 208x Share
img-berita

Aneka kerajinan yang terbuat dari bahan bathok (tempurung kelapa) mengisi Bazar Bathok yang digelar Kelompok Masyarakat (Pokmas) Kampung Bathok Tanjungsari. Dalam bazar yang berlangsung di Jalan Kaliglagah RW. 9 Kelurahan Tanjungsari, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar, Minggu (24/03) juga dilengkapi dengan aneka kuliner dan permainan tradisional.   

Anas Faesol, Pembina Pokmas Kampung Bathok Tanjungsari mengatakan, Bazar Bathok  melibatkan pengurus dan anggota Pokmas dan masyarakat yang bersinggungan dengan kampung bathok. Diharapkan dengan kegiatan ini, masyarakat guyub rukun. Kesadaran masyarakat untuk memajukan Kampung Bathok cukup tinggi. 

‘’Yang penting bisa guyub rukun. Karena kelompok masyarakat yang menangani kampung bathok ini merupakan kerja sosial. Mereka tidak mendapatkan gaji, bekerja dengan sukarela. Jadi yang penting guyub rukun dan selalu semangat,” kata Anas. 

Kerajinan Bathok yang dipamerkan dan dijual dalam bazar diantaranya berupa tas, tempat lampu dan aneka hiasan dari bahan bathok. Sedangkan untuk kuliner, seperti pecel punten, bakso, soto dan aneka minuman, semua menggunakan sarana terbuat dari tempurung kelapa. Bahkan alat pembelian dan pembayaran menggunakan kepeng bathok sebagai pengganti uang. Untuk penukaran uang dengan kepeng bathok, panitia menyediakan bank kepeng. Sementara itu untuk permainan tradisional, diantaranya egrang bathok, egrang bambu dan lompat meja. (der)
 

Berita Populer

Makna Hari Raya Kupatan

by Admin Kota | 13 Jun 2019

KPU Kota Blitar Tetapkan DPT Pemilu 2024

by Admin Kota | 22 Jun 2023

© Copyright 2023 Pemerintah Kota Blitar. All Rights Reserved