BERITA

Matangkan Kesiapan Pemilu 2019, KPU Kota Blitar Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara

Admin Kota 09 Apr 2019 194x Share
img-berita

Simulasi pemungutan dan penghitungan suara ini berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 05 April, 06 April, dan 08 April 2019. Program ini diperuntukan bagi Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS), di masing-masing kelurahan Kota Blitar.

Mashudi, Komisioner Divisi Teknis-KPU Kota Blitar mengatakan simulasi ini untuk  mematangkan persiapan KPPS. Mengingat dalam Pemilu 2019 nanti, ada lima surat suara yang diharus dipilih masyarakat. Untuk itu, sebagai penyelenggara KPPS harus memahami proses pemungutan surat suara Pemilu 2019. Begitu juga dengan proses penghitungannya. Karena dalam prosesnya sudah ada ketentuan hukum, selain masyarakat, hasil penghitungan suara juga dinantikan para peserta pemilu. 

Mashudi berharap masyarakat juga lebih teliti saat melakukan pemilihan suara. Karena dari lima surat suara, hanya Pilpres dan DPD yang terdapat fotonya. Sementara untuk pemilihan DPR RI, DPR Provinsi, dan DPR Kota,Kabupaten hanya berbentuk nama calon.

“Dari pantauan kami kesiapan KPPS sudah bagus ya, semoga semuanya bisa bekerjasama supaya Pemilu 2019 dapat berjalan lancar” kata Mashudi.

Dalam simulasi ini anggota KPPS diberi kesempatan untuk mempraktekkan cara pengisian beberapa blangko sebagai bukti akhir hasil pemungutan dan penghitungan suara. (Kir)

Berita Populer

Makna Hari Raya Kupatan

by Admin Kota | 13 Jun 2019

KPU Kota Blitar Tetapkan DPT Pemilu 2024

by Admin Kota | 22 Jun 2023

© Copyright 2023 Pemerintah Kota Blitar. All Rights Reserved