BERITA

Lima Kelurahan Dikunjungi Tim Penilai Kelurahan Berseri Dari Provinsi

Admin Kota 24 Apr 2019 177x Share
img-berita

Tim Penilai Program Kelurahan Berseri tingkat Provinsi Jawa Timur melakukan verifikasi lapangan di lima kelurahan Kota Blitar. Penilaian berlangsung selama tiga hari, mulai 22 hingga 24 April 2019. Dua kelurahan, masing masing Kelurahan Bendo, Kecamatan Kepanjenkidul, dan Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Sukorejo masuk penilaian tingkat Pratama. Kelurahan Pakunden, Kecamatan Sukorejo dan Plosokerep Kecamatan Sananwetan masuk kategori kelurahan Berseri tingkat Madya. Satu lagi kelurahan Kepanjenkidul Kecamatan Kepanjenkidul masuk kategori tingkat Mandiri. 

Ada tiga penilai yang melakukan penilaian di Kota Blitar. Masing masing Ahmad Zaini dan Muhlis dari Dinas Lingkungan Hidup Propinsi Jawa Timur serta Abdul Kodir dari Bakorwil Malang. Zaini mengatakan, dalam penilaian ini mencakup beberapa hal terkait ppenghijauan dan penanganan sampah. Melalui presentasi baik dari kelurahan maupun masyarakat, apa saja yang sudah dilakukan penanganan lingkungan. 

”Ya seperti pemilahan organik dan non organik serta pengelolaan sampah melalui bank sampah,” kata Zaini. 

Zaini menambahkan, di Kota Blitar kondisinya cukup bagus. Namun keputusan layak dan tidak mendapat penghargaan masih memerlukan waktu sekitar satu bulan, hingga menemukan hasil akhir. 

Sementara itu Suyatno, Kasi Komunikasi Lingkungan, Bidang Komunikasi dan Konservasi Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kota Blitar menyebutkan, kelurahan yang menjadi sasaran penilaian ini telah melalui beberapa tahapan. Mulai penilaian di tingkat kelurahan dan kecamatan hingga tingkat kota. Baik itu penilaian berdasarkan sisi administrasi maupun kondisi riil di lapangan. Yang kemudian diusulkan ke tingkat Provinsi Jawa Timur. 

” Hasilnya usulan dari sisi administrasi dinyatakan lolos dan sebagai tindak lanjut tim dari propinsi melakukan penilaian dilapangan. Membuktikan kesesuaian data tertulis dengan kondisi sebenarnya,” kata Suyatno.  

Suyatno optimis, kelurahan-kelurahan di Kota Blitar bisa menunjukkan kondisi sebenarnya sesuai data. Karena sebelumnya juga sudah dilakukan pengecekan. (Der)

Berita Populer

Makna Hari Raya Kupatan

by Admin Kota | 13 Jun 2019

KPU Kota Blitar Tetapkan DPT Pemilu 2024

by Admin Kota | 22 Jun 2023

© Copyright 2023 Pemerintah Kota Blitar. All Rights Reserved