BERITA

Kemenag Kota Blitar Gelar Manasik Haji Perdana Tahun 2024

Admin Kota 26 Apr 2024 44x Share
img-berita

Kota Blitar - Kantor Kemenag Kota Blitar menggelar manasik haji tingkat kota pada hari Kamis (25/04/2024) di Balai Kota Kusumo Wicitro. Manasik haji yang digelar perdana ini diikuti ratusan Calon Jamaah Haji (CJH) dari tiga Kecamatan, di Kota Blitar. 

Plt. Kepala Kantor Kemenag Kota Blitar, Bahrudin menjelaskan tahun ini sebanyak 173 CJH dipastikan berangkat ke Tanah Suci. Sebelum pemberangkatan, mereka akan dijadwalkan mengikuti 8 kali manasik haji. Dengan rincian dua kali manasik haji tingkat kota dan 6 kali manasik tingkat kecamatan.

Menurut Bahrudin, manasik haji menjadi salah satu tahapan penting yang harus diikuti CJH. Sebab, mereka akan dibekali beberapa hal tentang aturan pelaksanaan ibadah haji hingga kebijakan Pemerintah yang harus dipatuhi jamaah. Harapannya seluruh CJH Kota Blitar dapat melaksanakan ibadah haji dengan lancar dan khidmat.

"Terkait dengan aturan dan kebijakan Pemerintah, baik dalam negeri atau Pemerintah Arab Saudi akan kita sampaikan. Supaya CJH ini ada gambaran apa - apa saja yang perlu disiapkan nanti," jelas Bahrudin.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Blitar, Priyo Suhartono berpesan agar seluruh CJH segera menyiapkan fisik dan mentalnya. Sebab haji memiliki rangkaian ibadah yang panjang dan membutuhkan kesiapan fisik yang matang. Pihaknya memastikan Pemerintah Daerah akan memberikan fasilitasi bagi CJH saat pemberangkatan dan penjemputan di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya.

"Karena waktu saya nggak banyak, jadi tadi singkat saja saya berpesan supaya CJH menyiapkan mental dan fisiknya. Itu yang paling penting," pungkas Priyo. (Kir)

Berita Populer

Makna Hari Raya Kupatan

by Admin Kota | 13 Jun 2019

KPU Kota Blitar Tetapkan DPT Pemilu 2024

by Admin Kota | 22 Jun 2023

© Copyright 2023 Pemerintah Kota Blitar. All Rights Reserved