BERITA

Kelompok Tani Pengkol Selamatan Bedah Sumber

Admin Kota 06 Mar 2019 413x Share
img-berita

Kelompok Tani Pengkol, Kelurahan Tanjungsari, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar, melakukan Selamatan Bedah Sumber. Kegiatan yang secara rutin pada musim hujan ini dilakukan setiap tahun di Dam Jousenan Tanjungsari. Bedah Sumber musim hujan tahun ini, telah dilaksanakan pada Jum’at Kliwon, (01/03). 

Sucipto, Ketua Kelompok Tani Pengkol yang juga sebagai Sekretaris Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Tanjungsari mengatakan, dengan Selamatan Bedah Sumber berharap adanya air yang  melimpah bisa mencukupi kebutuhan air bagi petani. 

‘’Yang kami harapkan airnya bisa melimpah. Diberi keselamatan dan kesehatan bagi yang menanam dan yang ditanam, serta hasil panen yang maksimal,’’ kata Sucipto. 
 
Cipto menambahkan, Selamatan Bedah Sumber dilaksanakan di Dam ini karena petani bergantung dari sumber air yang ada di situ untuk mengairi sawahnya. Jika kering, petani yang bergantung air dari  lokasi itu juga tidak bisa menanam. Sehingga Bedah Sumber yang sudah menjadi adat ini terus dilestarikan. 

Selamatan Bedah Sumber musim hujan tahun ini dilaksanakan pagi hari, diikuti 68 orang. Para petani, perangkat kelurahan dan perwakilan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian. Sedangkan ambeng kenduri selamatan sukarela dari petani. (der)

Berita Populer

Makna Hari Raya Kupatan

by Admin Kota | 13 Jun 2019

KPU Kota Blitar Tetapkan DPT Pemilu 2024

by Admin Kota | 22 Jun 2023

© Copyright 2023 Pemerintah Kota Blitar. All Rights Reserved