BERITA

Formi Menilai Masyarakat Tidak Asing Permainan Tradisional

Admin Kota 26 Apr 2019 188x Share
img-berita

Blitar- Pengurus Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Formi) Kota Blitar, terus mengupayakan  pelestarian olahraga permainan tradisional. Di antara langkah yang dilakukannya yakni bekerjasama dengan Dinas atau Instansi Kota Blitar terkait gelaran kegiatan-kegiatan tradisional. Seperti pada moment peringatan Hari Jadi Kota Blitar yang ke 133 tahun ini.

Ketua harian Formi Kota Blitar, Surahman menyebutkan, bahwa bekerjasama dengan Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora), Formi telah menyelenggarakan Lomba Olahraga Tradisional dengan melibatkan peserta perwakilan dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD), di Aloon-aloon Kota Blitar, tanggal 25-26 April 2019. Tidak hanya itu,  di tanggal 8 dan 9 April lalu, dalam Bazar Blitar Jadoel juga telah digelar Kampung Dolanan, yang melibatkan anak-anak setingkat sekolah dasar.  

Surahman menilai masyarakat sekarang sudah tidak asing lagi dengan permainan tradisional, yang sejak dulu sudah ada. 

“Seperti permainan balap karung, Baksodor, Terompah Panjang, Egrang, dan permainan permainan tradisional yang lain sudah tidak asing lagi," kata Surahman.

Agar generasi muda secara turun menurun mengetahui permainan tradisional ini, upaya pelestarian akan selalu dilakukan. Terlebih, ada nilai-nilai pembentukan karakternya juga.  Surahman juga menyebutkan, tidak hanya peringatan Hari Jadi Kota Blitar saja, di moment yang lain, masyarakat juga mengadakan kegiatan serupa. (Der)

Berita Populer

Makna Hari Raya Kupatan

by Admin Kota | 13 Jun 2019

KPU Kota Blitar Tetapkan DPT Pemilu 2024

by Admin Kota | 22 Jun 2023

© Copyright 2023 Pemerintah Kota Blitar. All Rights Reserved