BERITA

Eliminasi TBC, Dinkes Kota Blitar Gelar Deklarasi Germas TOSS TBC

Admin Kota 12 Apr 2019 175x Share
img-berita

Gerakan Masyarakat Sadar (Germas) digelar untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam upaya penanggulangan TBC di Kota Blitar.

Harni Setijorini ST, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Blitar mengatakan, secara khusus deklarasi ini memang untuk mengajak warga agar ikut berperan aktif dalam upaya program pencegahan TBC. Selain itu juga untuk menyebarluaskan informasi terkait TBC ke seluruh warga di Kota Blitar, agar kesadaran, pencegahan penularan, pemeriksaan dan pengobatan TBC berkualitas. 

Deklarasi dipimpin langsung oleh Plt. Walikota Blitar, bersama seluruh Kepala OPD, Camat, Lurah dan Lembaga Swadaya Masyarakat serta Kader Temukan Tuberkolosis Obati Sampai Sembuh (TOSS) TBC. Semua yang terlibat ikut membubuhkan tanda tangan di papan deklarasi, sebagai bukti dukungan dan komitmen untuk bersama mencegah penularan TBC di Kota Blitar. Deklarasi ini sebagai tindak lanjut surat edaran Kementrian Kesehatan RI tentang Peringatan Hari Tuberkolosis Sedunia tahun 2019, yang jatuh pada (24/03/2019), dan arahan Presiden RI saat Rapat Kerja Kesehatan Nasional tahun 2017.

“Ini adalah upaya kita untuk mensosialisasikan perilaku peduli dan sadar membantu warga yang terkena TBC, sehingga target eliminasi TBC 2030 bisa sukses,” ujar Harni.

Selain deklarasi, hadir juga pemaparan dan Tanya jawab terkait TBC dengan narasumber Drs Christian Yochanan Apt, Staff Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.(Yud)


 

Berita Populer

Makna Hari Raya Kupatan

by Admin Kota | 13 Jun 2019

KPU Kota Blitar Tetapkan DPT Pemilu 2024

by Admin Kota | 22 Jun 2023

© Copyright 2023 Pemerintah Kota Blitar. All Rights Reserved