BERITA

Disparbud Kota Blitar Berikan Pembinaan Dalang Pemula

Admin Kota 15 Mar 2019 260x Share
img-berita

Beberapa giat budaya yang rutin digelar Pemerintah Kota Blitar, merupakan salah satu upaya untuk melestarikan kebudayaan ditengah masyarakat, utamanya generasi muda. Beberapa giat budaya itu meliputi seni jaranan, wayang kulit, dan musik keroncong yang rutin diselenggarakan setiap bulan. Sesuai jadwal, minggu ini giliran pagelaran wayang kulit yang akan hadir untuk masyarakat.

Hariyanto, Kabid Kebudayaan-Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Blitar menjelaskan, pagelaran wayang kulit akan berlangsung di Istana Gebang, tanggal 15 Maret 2019. Dimulai dari jam 8 malam. Menghadirkan dua dalang asli Kota Blitar, yaitu Ali Sabdono dan Gatot Tri Leksono. Lakon yang diangkat “ Semar Bangun Kayangan”.

Hariyanto mengatakan, selain melestarikan budaya daerah, pagelaran wayang kulit juga menjadi program pembinaan dinas setempat pada dalang pemula. Dengan memberikan kesempatan tampil, maka akan menambah jam terbang, dan dalang-dalang Kota Blitar akan semakin dikenal.

“Dalang yang kita pilih ini yang masih pemula, jam tayangnya masih terbatas. Sehingga kita harapkan melalui kegiatan rutin ini bisa menambah jam terbang mereka,” kata Hariyanto.

Hariyanto berharap upaya Pemerintah Kota Blitar mendapat dukungan penuh dari masyarakat. Pihaknya juga mengajak masyarakat Kota Blitar untuk turut meramaikan kegiatan kebudayaan yang hadir setiap bulan. (kir)

Berita Populer

Makna Hari Raya Kupatan

by Admin Kota | 13 Jun 2019

KPU Kota Blitar Tetapkan DPT Pemilu 2024

by Admin Kota | 22 Jun 2023

© Copyright 2023 Pemerintah Kota Blitar. All Rights Reserved