BERITA

Dinkes Gelar Bimtek CMHN (Community Mental Health Nursing) di Kecamatan Sukorejo

Admin Kota 22 Feb 2019 1.5k Share
img-berita

Tujuan digelarnya Bimtek untuk melatih Kader Kesehatan Jiwa agar mampu menemukan kasus gangguan jiwa, mampu menangani kasus kesehatan jiwa dan menangani Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Harni Setyorini, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Blitar mengatakan, Bimtek membahas perawatan kesehatan jiwa atau upaya memajukan pelayanan kesehatan jiwa, agar ODGJ yang tidak tertangani di masyarakat, mendapat pelayanan lebih baik. Selain itu, peserta juga diajak praktik langsung dilapangan terkait penanganan yang baik dan benar, jika berhadapan dengan ODGJ yang melawan saat akan dan ketika ditangani.

Bimtek kali ini diikuti 120 peserta dari Kader kesehatan jiwa di Kecamatan Sukorejo, termasuk Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang sering bersinggungan dengan ODGJ dan penanganannya. Diharapkan setelah mengikuti tiga hari Bimtek CMHN, mulai Senin, 18 Februari sampai Rabu, 20 Februari 2019 di Kecamatan Sukorejo, pelayanan dan penanganan ODGJ di Kota Blitar semakin meningkat lebih baik.

“Kita ingin meningkatkan pengetahuan dan standar penanganan ODGJ bagi tenaga yang sering terlibat, seperti petugas kesehatan, Babinsa dan Bhabinkamtibmas,” jelas Harni.

Setelah Kecamatan Sukorejo, Bimtek CMHN rencananya juga akan digelar Maret 2019 di Kecamatan Sananwetan dan April 2019 di Kecamatan Kepanjenkidul. (yud)

Berita Populer

Makna Hari Raya Kupatan

by Admin Kota | 13 Jun 2019

KPU Kota Blitar Tetapkan DPT Pemilu 2024

by Admin Kota | 22 Jun 2023

© Copyright 2023 Pemerintah Kota Blitar. All Rights Reserved