BERITA

Dapat Bantuan Dari Kemenpar, Ratusan Siswa SMKN 03 Kota Blitar Ikuti LSP-P1

Admin Kota 10 Apr 2019 208x Share
img-berita

Ujian Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P1 dilakukan SMKN 03 Kota Blitar, setelah mendapat bantuan kuota dari Kementrian Pariwisata (Kemenpar), yang bekerjasama dengan Badan Nasional Sertifikat Profesi (BNSP). Dimulai dari tanggal 09 sampai 13 April 2019. 

Hadi Sucipto, Kepala SMKN 03 Kota Blitar mengatakan, ini merupakan tahun ke dua lembaganya mendapat bantuan dari Kementrian Pariwisata. Kuota LSP yang diberikan tahun ini sebanyak 407 siswa, terbagi menjadi beberapa bidang. Yaitu bidang tata boga, perhotelan, kecantikan rambut dan kulit, serta kriya kreatif kayu dan rotan. Hadi menjelaskan, melalui LPS ini para siswa memiliki daya saing, dan menjadi SDM unggul yang dapat menembus dunia industry secara global. Dalam ujian ini, penilaian disesuaikan dengan skema masing-masing jurusan. Terutama kecakapan, penguasaan materi, dan sikap dalam menjalankan pekerjaan. Sertifikasi profesi P1 ini berstandart nasional, dan berlaku selama 3 tahun ke depan. Nantinya siswa dapat memperpanjang massa berlaku dengan mengikuti ujian profesi P2, untuk kelas karyawan.

“Tapi memang untuk sertifikatnya itu ada masa berlaku selama 3 tahun. Nanti bisa diperpanjang, tapi kalau sudah karyawan ujiannya naik tingkat ke P2, ” kata Hadi.

Trisilo Budi Prasetyo, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Wilayah Kota-Kabupaten Blitar mengatakan, pelaksanaan ujian LSP di SMKN 03 Kota Blitar cukup bagus. Para siswa terlihat berkompeten sesuai dengan jurusannya. Penerimaan LSP juga berlaku di SMK Negeri lainnya. Bahkan ada beberapa yang telah memiliki LSP mandiri, hasil bekerjasama dengan BNSP.

“SMK lain itu biasanya juga kerjasama dengan perusahaan besar untuk mengeluarkan sertifikat. Kemarin dari SMKN 1 Blitar kerjasama dengan perusahaan mobil. Semuanya memiliki kesempatan yang sama” jelas Trisilo.

Pembukaan ujian LSP P1 berlangsung di SMKN 03 Kota Blitar. Selain Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Wilayah Kota-Kabupaten Blitar, juga dihadiri perwakilan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar, serta Ketua Perhimpunan Hotel dan Restaurant Indonesia, cabang Blitar Raya. (Kir)
 

Berita Populer

Makna Hari Raya Kupatan

by Admin Kota | 13 Jun 2019

KPU Kota Blitar Tetapkan DPT Pemilu 2024

by Admin Kota | 22 Jun 2023

© Copyright 2023 Pemerintah Kota Blitar. All Rights Reserved