BERITA

Cari Suspect terduga TBC, Kader TOSS TBC Kota Blitar akan datangi semua rumah warga

Admin Kota 15 Apr 2019 190x Share
img-berita

Kader Temukan Obati Sampai Sembuh (TOSS) TBC Kota Blitar akan melakukan kunjungan ke rumah-rumah warga. Kunjungan ini dilakukan untuk menemukan warga yang menderita TBC,  agar segera diobati dan dirawat. Selain itu juga, hal ini sebagai usaha untuk memutus mata rantai penyebaran TBC sehingga tidak akan ada lagi penularan ke warga sekitar.

Harni Setijorini ST, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Blitar mengatakan, kunjungan  TOSS  TBC ke rumah warga selain untuk mengajak warga agar terbuka dan mau bersama sama memberantas penularan TBC, juga membantu warga yang diduga sakit TBC untuk mendapatkan perawatan yang tepat dan pengobatan yang benar hingga sembuh. Karena jika tidak segera ditangani, ditakutkan akan menimbulkan kematian, atau menularkan dengan jumlah penderita lebih banyak lagi.

Jika dari hasil kunjungan ada anggota keluarga yang batuk lebih dari dua minggu, Kader TOSS TBC akan menginformasikan ke Puskesmas melalui formulir, agar segera dilakukan tes dahak. Jika positif TBC, akan dilakukan penanganan, perawatan dan pengobatan sampai sembuh. Usaha mendatangi semua rumah warga Kota Blitar ini sebagai upaya Dinas Kesehatan untuk menekan angka penderita TBC di Kota Blitar, meski saat ini jumlahnya sedikit.

“Kita ingin secepatnya menemukan warga yang diduga sakit TBC, agar cepat ditangani, diobati dan dirawat, semuanya gratis, agar Kota Blitar kedepan bisa bebas TBC, ” jelas Harni,  saat ditemui di deklarasi, di Ruang Sasana Praja Pemkot Blitar, Rabu (11/04) pagi.

Meski butuh waktu sampai enam bulan, pengobatan TBC saat ini gratis dan bisa dilakukan di seluruh Puskesmas dan Rumah Sakit di Kota Blitar. (Yud)

Berita Populer

Makna Hari Raya Kupatan

by Admin Kota | 13 Jun 2019

KPU Kota Blitar Tetapkan DPT Pemilu 2024

by Admin Kota | 22 Jun 2023

© Copyright 2023 Pemerintah Kota Blitar. All Rights Reserved