BERITA

3 Komoditas Asli Kota Blitar Berpeluang Ekspor ke Luar Negeri

Admin Kota 18 Mar 2019 374x Share
img-berita

Komoditas buah belimbing, kerajinan batok dan batik khas Kota Blitar masuk daftar karena banyak ditanyakan orang luar negeri.

Suharyono, Kepala Dinas Penanaman Modal Tenaga Kerja dan PTSP Kota Blitar mengatakan, saat kunjungan 9 Duta Besar Arab dan Afrika Utara, banyak pengusaha dari negara itu yang bertanya terkait ketersediaan, harga sampai kualitas. Selain itu, masing-masing pelaku usaha, baik dari Kota Blitar dan pengusaha asing itu, sudah saling bertukar kontak, sehingga tindak lanjut harus dilakukan agar tiga komoditas asli Kota Blitar itu tembus pasar luar negeri.

Jika tindak lanjut itu membuahkan hasil, harus berlanjut komunikasi, terkait apa saja yang bisa dikerjasamakan dan permintaan mereka apa saja. Ini wajib dilakukan, karena jika masuk pasar internasional, pengusaha lokal juga harus menyiapkan informasi yang lengkap, termasuk menyiapkan kemasan dan produk yang sesuai standar perdagangan internasional.

“Tiga komoditas itu yang berpeluang, kita dukung semoga saja ada komunikasi yang pas, sehingga ada hasil,” ujar Suharyono.

Selain buah belimbing, kerajinan batok dan batik khas Kota Blitar, kendang jimbe saat ini juga berpotensi tembus pasar luar negeri yang lebih luas. (yud)


 

Berita Populer

Makna Hari Raya Kupatan

by Admin Kota | 13 Jun 2019

KPU Kota Blitar Tetapkan DPT Pemilu 2024

by Admin Kota | 22 Jun 2023

© Copyright 2023 Pemerintah Kota Blitar. All Rights Reserved