x
Dikirim oleh Anonim (Belum diperiksa) pada 28 February 2020

Turi-Sukorejo-Kota Blitar-Jumat, 28/02/20 Pertemuan Kader Kesehatan Kelurahan Turi di Balai Kelurahan “ Ki Ageng Kembang Turi” ini diikuti oleh semua kader kesehatan yang ada di Kelurahan Turi dibawah bimbingan bidan wilayah Farida Tri Astutik, AMd. Keb acara rutinan setiap bulan ini selain penyampaian laporan masing – masing kader dan evaluasi kegiatan kesehatan masyarakat turut disampaikan pula laporan penyaluran DASOLIN yaitu Dana Sosial untuk Ibu Hamil dan Melahirkan yang sumber dana bantuan tersebut berasal dari iuran warga Kelurahan Turi.

Pada pertemuan ini Bambang Irawan, SE selaku Lurah Turi menyampaikan pentingnya evaluasi kesehatan keluarga, lingkungan dan masyarakat dan himbauan terkait pola hidup bersih dan sehat (PHBS) kepada warga Kelurahan Turi sehingga derajat kesehatan dapat meningkat. Pada kesempatan itu pula Lurah Turi juga menyampaikan bahwa pada tahun 2020 ini akan di bangun kawasan Green & Clean (bersih dan hijau) di sepanjang Jalan Sukun Kelurahan Turi, Lurah Turi pun berharap agar warga dan masyarakat ikut berperan aktif pada pembangunan kawasan tersebut. Seiring dengan musim hujan tahun ini, Bambang Irawan melalui kader kesehatan Kelurahan Turi mengingatkan kepada warganya agar menjaga kebersihan lingkungan, selokan dan saluran – saluran air agar tidak menjadi tempat berkembangbiaknya nyamuk yang menyebabkan kasus DBD di wilayah kelurahan yang dipimpinnya.

Pada pertemuan ini turut hadir drg. Wisma Yuniar (Pembina Kesehatan Wilayah Turi), dalam sambutannya dokter gigi yang juga menjabat sebagai Kepala UPT Puskesmas Sukorejo ini memberikan arahan dan penekanan tugas kader kesehatan terkait PIS – PK (Program Indonesia Sehat Pendekatan  Keluarga), menurutnya masih perlu banyak sosialisasi yang harus dilakukan yang berhubungan dengan 12 Indikator PIS-PK tersebut. drg. Wisma Yuniar menyampaikan sesuai data per Agustus 2019 Indeks Keluarga Sehat (IKS) Kelurahan Turi adalah 0,25 (sampling 851 KK dari 1.084 KK yang berada di Kelurahan Turi) yang berarti tidak sehat, maka Penanggungjawab Kesehatan Wilayah Sukorejo ini sangat menghimbau kepada kader kesehatan Kelurahan Turi untuk lebih intens lagi dalam mensosialisasikan 12 hal tersebut, sehingga target IKS 0,7 (pra sehat) Kelurahan Turi tahun 2020 dapat terwujud.

Post format
standard