x
Dikirim oleh Anonim (Belum diperiksa) pada 27 February 2020

BLITAR - Sosialisasi DAK SLBM (Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat) oleh Tenaga Fasilitator lapangan Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang Kota Blitar, yang diselenggarakan di Balai Kelurahan “Ki Ageng Kembang Turi” Kelurahan Turi yang dihadiri oleh tokoh masyarakat dan warga Kelurahan Turi (26/02).

Bambang Irawan, SE. selaku Lurah Turi dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada warga Kelurahan Turi Kecamatan Sukorejo Kota Blitar karena Program SLBM tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengelolaan air limbah yang berkualitas serta untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Selain itu juga program ini adalah bentuk apresiasi dan komitmen dari Pemerintah Kota Blitar atas capaian Kelurahan Turi sebagai Kelurahan Berprestasi Pelunasan Pajak 100% Sebelum Jatuh Tempo dalam Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) Tahun 2019. Camat Sukorejo Kota Blitar yang di wakili oleh Sekretaris Kecamatan (Paring Gentur U. S.STP. MSi) turut hadir pada kegiatan yang dimulai dari jam 19.00 sampai dengan jam 21.30 WIB, beliau menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada perangkat kelurahan dan warga Kelurahan Turi atas prestasi yang diraih, serta memberikan pengarahan terkait manfaat dari sanitasi komunal untuk kehidupan masyarakat. Dalam kesempatan itu pula Sekretaris Kecamatan Sukorejo (Paring Gentur U. S.STP. MSi) turut mensosialisasikan Sensus Penduduk tahun 2020 dan tahapannya.

Tenaga Fasilitator lapangan Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang Kota Blitar yang diwakili oleh Jamroji menjelaskan tentang tujuan dibangunnya IPAL Komunal yang salah satunya adalah meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Dalam paparannya Jamroji juga menyampaikan IPAL Komunal dengan perpipaan serta skema system pengelolaan air limbah rumah tangga komunal. Dan sebagai kelurahan yang padat penduduk, maka aplikasi IPAL Komunal tangki septic diharapkan bisa menjadi solusi untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan menjaga lingkungan di Kelurahan Turi Kecamatan Sukorejo Kota Blitar.

Pada sesi penutup, Lurah Turi sangat berharap  kepada tokoh masyarakat dan warga yang hadir pada kegiatan ini untuk mendukung suksesnya program tersebut, dan menghimbau kepada warga Kelurahan Turi untuk meningkatkan Pola Hidup Bersih dan Sehat.

Post format
standard