x

Ratusan Guru PAUD Ikuti Seminar Literasi Peningkatan Kompetensi Guru PAUD

Blitar Kota - Seminar Literasi Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) berlangsung di aula Dinas Pendidikan Kota Blitar, Senin (27/05/2019). Kegiatan yang merupakan hasil kerjasama Dinas Pendidikan Kota Blitar dengan Praktisi PAUD Indonesia, Sinung Widodo ini, melibatkan sebanyak 200 guru PAUD Kota Blitar.

Kepala Bidang PAUD dan Pendidikan Non Formal, Dinas Pendidikan Kota Blitar, Lulus Priyoananto mengatakan, dalam kegiatan ini guru PAUD mendapat pelatihan pengembangan gerak seni monitorik. Dalam dunia literasi, anak PAUD memiliki dua aspek, yaitu buku dan lagu. Salah satu metode pengajarannya adalah metode komik dan lagu. Dalam metode ini tidak hanya mengandalkan gerak dan lagu, namun juga didukung ekspresi wajah sesuai lirik. Menurut Lulus, metode ini sangat bagus untuk membangun gerak motorik, dan akan menciptakan perasaan bahagia untuk anak.

Dalam seminar ini, guru PAUD juga dihimbau agar tidak menggunakan lagu milik orang lain, saat membuat gerak dan lagu. Hal ini dilakukan untuk menghindari permasalahan hak cipta.

“Pada kegiatan mengajar di PAUD itu kan memang dilarang baca, tulis, dan menghitung. Jadi metode pembelajaran dibuat sekreatif mungkin supaya anak belajar dengan senang, salah satunya gerak dan lagu,” jelas Lulus.

Setelah mendengar materi, guru PAUD juga berkesempatan mempraktikkan metode komik dan lagu bersama Sinung Widodo. (Kir)
 

Share icon
Dibaca : 41 kali