x

Program Posyandu Remaja, Untuk Menjamin Kesehatan Rohani dan Jasmani Anak Binaan

Blitar Kota - Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Blitar terus berupaya untuk memenuhi hak anak binaan melalui berbagai program. Hak yang dimaksud mulai dari hak pendidikan, pelatihan, ketrampilan, hak mendapatkan perlindungan dan lain - lain.

Tatang Suherman, Kepala LPKA Blitar saat dikonfirmasi Kamis, (27/02/2020) mengaku memiliki beberapa program untuk membina penghuni LPKA, diantaranya adalah program kemandirian dan kepribadian. Program kemandirian meliputi pelatihan bengkel otomotif, kerajinan tangan dan mendongeng. Tujuannya supaya anak binaan memiliki bekal keterampilan setelah dinyatakan bebas. Sementara program kepribadian diwujudkan dengan memberikan pendidikan agama dan olahraga, sehingga anak binaan memiliki kesehatan rohani dan jasmani yang bagus.

“Kita bekali mereka dengan keterampilan, supaya nanti ketika bebas ditengah masyarakat sudah memiliki keterampilan atau bekerja, ” jelas Tatang.

Untuk memaksimalkan program kepribadian, dalam waktu dekat, Tatang juga akan menghadirkan program Posyandu Remaja, hasil kerjasama dengan Pemerintah Kota Blitar. Posyandu Remaja ini akan menjadi tempat pemeriksaan kesehatan anak binaan, baik jasmani dan rohani. Juga terkait kesehatan mental dari anak binaan, karena terdapat beberapa anak yang cenderung tertutup. Tatang mengaku masih mematangkan konsep Posyandu Remaja. Pihaknya berupaya, April mendatang nanti sudah bisa diterapkan.

“Kita masih menjalin koordinasi dengan Pemerintah Kota Blitar sekaligus mematangkan konsepnya. Semoga nanti April ya bisa kita terapkan, ” kata Tatang.

Disinggung mengenai jumlah anak binaan, Tatang menyebut saat ini telah menampung 151 anak, dengan kapasitas 400 anak. Pihaknya mengatakan dari total anak yang ada didominasi kasus narkoba yang mencapai 64 anak. Mereka berasal dari berbagai daerah, namun yang paling tinggi berasal dari Madaeng Surabaya. Selain narkoba, LPKA Blitar juga membina anak dengan kasus perlindungan anak dan pencurian. (Kir)

Share icon
Dibaca : 16 kali