x

Perpustakaan Berjalan Jadi Inovasi KIM Asabri Gedog Untuk Ajak Generasi Milenial Gemar Membaca

Blitar Kota - Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Asabri Gedog, Kecamatan Sananwetan membuat trobosan dengan menciptakan wadah literasi melalui perpustakaan berjalan, menyasar anak-anak tingkat SD hingga remaja di lingkungan Kelurahan Gedog.

Ketua KIM Asabri Gedog, Eka Sulistiyana mengatakan trobosan yang dilakukan KIM Asabri ini sebagai upaya untuk mengajak anak-anak agar mencintai budaya membaca atau berliterasi. Meskipun saat ini berbagai informasi dengan mudah didapatkan melalui handphone, TV, hingga media lainya. Namun menurut Eka, buku tetap menjadi pilihan yang tepat dan efektif untuk menambah wawasan pembaca. (28/8/2021). 

Eka menjelaskan untuk mewujudkan perpustakaan berjalan, pihaknya mengubah kendaraan pribadinya yang semula digunakan untuk bekerja, disulap menjadi perpustakaan keliling. Eka mengatakan mobil perpustakaan ini mulai beroperasi Jum'at 27 Agustus 2021. Dengan total koleksi buku, sekitar 300 buah buku.

“Inovasi ini kami tujukan bagi anak-anak dan para remaja dilingkungan Gedog dulu utamanya agar mereka tidak bergantung pada gadgetnya masing-masing. Walau kini informasi dapat dengan mudah didapat melalui media digital, namun kami terus mendorong mereka untuk tidak lepas membaca buku” jelas Eka. (28/8/2021). 

Eka berharap dengan adanya perpustakaan berjalan ini kedepan dapat mengajak anak-anak milenial lebih gemar membaca buku untuk menambah pengetahuan umum. (Fan)

Share icon
Dibaca : 28 kali