x

Pemkot Blitar Upayakan Wabah Covid-19 Tidak Ganggu Pelaksanaan PPDB 2020

Blitar Kota - Pemerintah Kota Blitar melalui Dinas Pendidikan Kota Blitar mengupayakan wabah Covid-19 tidak mengganggu pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang rencananya akan dimulai bulan Mei mendatang.

Priyo Suhartono, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kota Blitar mengatakan, meski Covid-19 mengakibatkan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) dan ujian kenaikan kelas, namun pihaknya berupaya agar hal yang sama terjadi pada pelaksanaan PPDB tahun ajaran 2020-2021. Priyo menegaskan beberapa tahun terakhir, Kota Blitar sudah menerapkan PPDB online, yang semakin memudahkan masyarakat ditengah pandemic Covid-19. Masyarakat cukup melakukan pendaftaran dirumah menggunakan aplikasi yang saat ini tengah dimatangkan dinas setempat. Cara pendaftarannya juga terbilang mudah, untuk pendaftaran jalu zonasi atau domisili, masyarakat tinggal memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) siswa.

“Ya nanti orangtua yang ingin mendaftarkan anaknya tinggal masuk ke aplikasi dan memasukkan NIK saja,” tegas Priyo.

Terkait kesiapan aplikasi, Priyo mengatakan sudah melakukan uji coba sebanyak empat kali. Terakhir Senin 20 April 2020, Dinas Pendidikan menyelenggarakan simulasi PPDB online terhadap perwakilan guru.

“Saat ini kami terus menjalin koordinasi dengan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Blitar untuk mematangkan aplikasi PPDB,” jelas Priyo.

Sementara itu, pada PPDB tahun ajaran 2020-2021 ini, Dinas Pendidikan Kota Blitar membuka 4 jalur, yaitu jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur pindah orang tua dan jalur prestasi. Pendaftaran jalur prestasi sudah dilaksanakan akhir Februari 2020 lalu. (Kir)

Share icon
Dibaca : 168 kali