x

Pemkot Blitar Himbau Warga Galakkan GERMAS

Blitar Kota - Sesuai data dari Dinas Kesehatan, Hipertensi dan Stroke saat ini menjadi penyakit tidak menular yang banyak dikeluhkan warga.

dr. Muhammad Muchlis, MMRS., Kepala Dinas Kesehatan Kota Blitar saat ditemui di kantornya, Rabu, (19/02/2020) pagi mengatakan, kebiasaan jarang berolah raga sering mengkonsumsi makanan cepat saji , sering begadang dan kebiasaan merokok menjadi pemicu utama penyebab Hipertensi dan Stroke. Untuk meningkatkan kesadaran warga dalam menerapkan hidup sehat, pihaknya sudah gencar menggelar sosialisasi ke warga melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), melalui kader kesehatan baik di faskes maupun di lingkungan warga. Warga disarankan rajin berolahraga, mengkonsumsi makanan sehat, tidur teratur dan menghindari stress.

Dari laporan data catatan medis tiga Puskesmas dan lima Rumah sakit yang ada di Kota Blitar, diketahui rata - rata warga yang memeriksakan dirinya dan didiagnosa Hipertensi dan Stroke ringan, berusia dibawah 40 tahun. Selain itu, dari catatan petugas, mayoritas mereka mengaku belum menerapkan pola hidup yang sehat dalam kehidupan sehari hari.

“Hipertensi dan Stroke menjadi masalah dunia saat ini, makanya kita terus gencar sosialisasi agar warga kita mau menerapkan pola hidup sehat yang baik dan benar. ” Jelas Muchlis.

Hipertensi dan Stroke saat ini menjadi Penyakit Tidak Menular (PTM) yang banyak dikeluhkan warga usia produktif di Kota Blitar. Pasien termuda yang didiagnosa stroke saat ini berusia 21 tahun. (Yud)

Share icon
Dibaca : 24 kali