x

Pemkot Blitar Bersinergi Dengan Komisi Yudisial RI, Untuk Edukasi Peran dan Fungsi Pemenuhan Hak Keadilan Masyarakat

Blitar Kota - Pemerintah Kota Blitar bersama Komisi Yudisial RI menyelenggarakan edukasi publik tentang peran dan fungsi Komisi Yudisial dalam pemenuhan hak atas keadilan masyarakat. Berlangsung di Ruang Sasana Praja Kantor Wali Kota Blitar, Minggu, (26/9/2021).

Wali Kota Blitar, Santoso edukasi publik tentang peran dan fungsi Komisi Yudisial dalam pemenuhan hak atas keadilan masyarakat ini sangat bermanfaat. Utamanya untuk jajaran Lurah dan Camat se-Kota Blitar untuk meneruskan ke masyarakat dimasing-masing wilayah. Harapanya melalui edukasi publik ini kedepan dapat meningakatkan layanan publik di lingkup Pemerintah Kota Blitar.

“Ketua Komisi Yudisial RI bersama Komisi III DPR RI melakukan sosialisasi edukasi peran dan fungsi Komisi Yudisial dalam rangka menegakkan pelayanan dibidang hukum kepada masyarakat, dengan harapan melalui sosialisasi ini dapat memberikan nilai manfaat pada Lurah dan Camat se-Kota Blitar” jelas Santoso.

Sementara itu, Ketua Komisi Yudisial RI, Mukti Fajar Nur Dewata mengatakan tujuan dari edukasi publik ini salah satunya memberikan pengetahuan maupun wawasan tentang  pemenuhan hak atas keadilan masyarakat. Menurutnya, Komisi Yudisial mengawasi sistem peradilan dan hakim yang pemutusan perkaranya tidak diintervensi pihak lain. Menurut Mukti, sistem peradilan masyarakat juga tidak lepas dari peran Lurah dan Camat sebagai pemangku kebijakan diwilayah, untuk membantu memberikan rasa adil bagi masyarakatnya dalam menghadapi perkara.

“Kegiatan sosialisasi ini merupakan bagian dari program Komisi Yudisial atas rekomendasi dari Komisi III yang menghimbau kepada masyarakat untuk mengerti apa-apa saja pekerjaan yang dilakukan oleh Komisi Yudisial RI utamanya dalam pemenuhan hak atas keadilan masyarakat” jelas Mukti.

Turut hadir dalam agenda tersebut Anggota Komisi III DPR RI, Sekda Kota Blitar, perwakilan Pengadilan Negeri Blitar, Camat dan Lurah se-Kota Blitar. (Fan)

Share icon
Dibaca : 10 kali