x

Lewat Gertak Gugah DBD, Pemerintah Kota Blitar Cegah Penularan Penyakit DBD.

Blitar Kota - Pemerintah Kota Blitar menyelenggarakan Gerakan Serentak Penganggulangan dan Pencegahan Demam Berdarah Dengue (Gertak Gugah DBD), di lingkungan RW 2 Kelurahan Tanggung, Rabu (16/10/2019). Dihadiri Plt. Walikota Blitar, Sekda Kota Blitar, Kepala OPD, Camat, dan Lurah se-Kota Blitar.

Muchlis, Kepala Dinas Kesehatan Kota Blitar mengatakan, kegiatan ini sebagai langkah awal Pemerintah Kota, sebelum memasuki musim penghujan yang biasanya diikuti dengan meningkatnya kasus DBD. Pemahaman masyarakat terhadap PSN 3M Plus, Pemberantasan Sarang Nyamuk Menguras, Menutup, Memantau, dan Mendaur ulang harus ditingkatkan. Begitu juga dengan program 1 rumah 1 jumantik. Hal ini penting dilakukan karena Kota Blitar termasuk wilayah endemis DBD.

“19 kelurahan di Kota Blitar semua endemis, hanya dua yang tidak endemis. Makanya ini kita kerjasama dengan Puskesmas, Kecamatan, Kelurahan, RT-RW untuk memantau pelaksanaan 1 rumah 1 jumantik itu,” kata Muchlis.

Drs. H Santoso M.Pd, Plt. Walikota Blitar juga menyampaikan hal senada, pihaknya mengajak masyarakat untuk melakukan pencegahan dini penyakit DBD, melalui PSN 3M plus dan 1 rumah 1 jumantik. Pemerintah Kota juga akan melakukan pengasapan atau foging dilembaga pendidikan dalam waktu dekat. Harapannya Kota Blitar bisa menekan angka penyakit DBD, yang selalu meningkat saat musim penghujan.

“Masyarakat harus bisa mencegah pertumbuhan jentik dengan PSN 3M plus itu, harus kita optimalkan,” tegas Santoso.

Dalam Gertak Gugah DBD ini, Pemerintah Kota Blitar juga menyerahkan hadiah untuk SD/MI, pemenang lomba PSN 3M Plus tahun 2019 yaitu SD Alam Al Gifari Blitar, SD Muhammadyah Blitar, SDN Blitar, SDN Sentul 1, dan SDN Tanjungsari 2 Kota Blitar. (Kir)

Share icon
Dibaca : 10 kali