x

KPU Kota Blitar Memulai Persiapan Rekrutmen PPK Pilwali 2020

Blitar Kota - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar mulai mempersiapkan proses perekrutan Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) Pilwali September 2020. Rencananya proses rekrutmen akan mulai Bulan Januari - Februari 2020. Demikian disampaikan Rangga Bisma Aditya, Komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Blitar, saat ditemui di kantornya, Selasa (07/01/2020).

Rangga mengatakan, pelaksanaan perekrutan itu berdasarkan surat dinas dari KPU RI tentang perekrutan PPK dan Panitia Pemungutan Suara (PPS). Perekrutan PPK akan dilaksanakan mulai 15 Januari sampai 14 Februari 2020. Sementara perekrutan PPS mulai tanggal 15 Februari sampai 14 Maret 2020. Sebagai persiapan, Rangga menyebut KPU telah melakukan koordinasi dengan kecamatan dan ketua desk pemilu Kota Blitar. Rencananya cek kesehatan bagi pendaftar PPK tidak akan ditarik retribusi alias gratis.

Disinggung mengenai tahapan, Rangga menjelaskan tahapan perekrutan akan diawali dengan seleksi administrasi. Bagi pendaftar yang lolos administrasi selanjutnya akan mengikuti tes tulis berbasis online atau CAT. Saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kota Blitar, terkait dengan tempat pelaksanaan tes online.

“Kita juga sudah sampaikan ke Ketua Desk Pilwali, meskipun kalau dari KPU Provinsi itu dikembalikan ke masing-masing Kota dan Kabupaten. Tapi kemarin itu Baswalu sudah menerapkan CAT, kami juga ingin menggunakan karena lebih transparan ” jelas Rangga.

Sekedar diketahui, pada Pilwali 2020 nanti KPU Kota Blitar membutuhkan 15 PPK untuk tiga kecamatan. Sedangkan untuk PPS, tenaga yang dibutuhkan sebanyak 43 orang.(Kir)

Share icon
Dibaca : 12 kali