x

KPU Kota Blitar Gelar Sosialisasi Tentang Tahapan Pilwali 2020

Blitar Kota - Sosialisasai tahapan Pilwali 2020 berlangsung di salah satu hotel Jl. Anjasmoro, Selasa (17/12/2019). Mengundang peserta dari kalangan forkopimda, Kepala OPD, camat dan lurah se-Kota Blitar. Selain itu, KPU Kota Blitar juga melibatkan peserta perwakilan Parpol, Bawaslu, dan Ormas Kota Blitar.

Ninik Sholikah, Komisioner Divisi Perencanaan Data & Informasi, KPU Kota Blitar mengatakan, sosialisasi ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada pejabat dan ASN lingkup Pemerintah Kota Blitar, terkait tahapan-tahapan Pilwali 2020. Sebelumnya, KPU Kota Blitar telah melaunching tahapan dan maskot Pilwali Kota Blitar 2020. Tahapan yang dimaksud mulai dari perencanaan program anggaran, penyusunan peraturan penyelenggaraan pemilihan, pembentukan PPK-PPS dan KPPS, pemberitahuan dan pendaftaran pemantau pemilihan, dan lain-lain. KPU Kota Blitar juga melibatkan perwakilan parpol karena saat ini telah memasuki tahapan pencalonan. Terdapat beberapa hal yang perlu dipahami Parpol dan bakal calon, mengingat ada beberapa perubahan persyaratan yang diatur dalam PKPU Nomor 16 Tahun 2019 tentang Tahapan.

“Terkait PKPU yang baru kita terus gencarkan sosialisasinya karena memang terdapat beberapa perbedaan. Untuk hari ini kita sosialisasikan tahapan-tahapannya kepada peserta, karena untuk ASN lingkup Pemkot kan juga memiliki peran dalam mensukseskan Pilwali 2020,” kata Ninik.

Ninik menyebut dalam sosialisasi ini, dalam sosialisasi ini pihaknya mendatangkan dua narasumber yaitu Rudy Wijonarko-Sekretaris Daerah Kota Blitar selaku Ketua Desk Pemilu Kota Blitar, dan Choirul Anam-Ketua KPU Jawa Timur, yang menyampaikan materi terkait tahapan-tahapan Pilwali 2020.

Ninik menambahkan, dalam waktu dekat KPU juga akan menyelenggarakan sosialisasi kaitan pencalonan yang lebih spesifik. Selain itu, bulan ini Kota Blitar juga akan menerima kunjungan dari KPU RI. (Kir)

Share icon
Dibaca : 11 kali