x

Jelang Pilwali 2020 Kota Blitar, Ribuan Warga Belum Memiliki e-KTP

Blitar Kota - Kamis, (22/10/2020), Sesuai data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Blitar, dari bulan Juni sampai sekarang ada sekitar 5.245 warga yang belum memiliki e-KTP.

Sad Wahjuningtyas, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi (PIAK), Dispendukcapil Kota Blitar mengatakan, banyaknya warga belum memiliki e-KTP ini disebabkan beberapa faktor, diantaranya belum melakukan perekaman, sudah merekam data kependudukan namun masih dalam proses pencetakan, dan sudah dicetak namun belum diambil. Menurut Sad, warga yang belum melakukan perekaman sebanyak 4.094 orang, sudah melakukan perekaman namun belum dicetak sebanyak 219 orang, dan 932 warga belum mengambil e-KTP di kantor dinas.

“Yang belum memiliki KTP ini bervariatif usianya, mulai 17 hingga 60 tahun,” kata Sad.

Sad menilai antusias warga melakukan perekaman ditengah pandemi Covid-19 memang minim, padahal pihaknya sering kali memberikan himbau agar warga yang berusia wajib e-KTP, segera melakukan perekaman.  

“Kami jemput bola, secara terjadwal terjun ke kelurahan-kelurahan untuk mempercepat proses perekaman e-KTP,” jelas Sad.

Sad mengimbau agar warga yang berusia 17 tahun ke atas, namun belum memiliki e-KTP, agar segera melakukan perekaman. Hal ini juga akan memudahkan masyarakat untuk memanfaatkan hak pilihnya 09 Desember mendatang. (Kir)

Share icon
Dibaca : 21 kali