x

Jelang Pembelajaraan Tatap Muka, Guru Akan Jalani Swab Tes

Blitar Kota - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Blitar mulai menyiapkah langkah untuk mengawal pelaksanaan  Pembelajaran Tatap Muka (PTM) bagi siswa SD-SMP.

Sekretaris Satuan Tugas Covid-19, Hakim Sisworo mengatakan, beberapa langkah yang disiapkan yaitu pelaksanaan swab test bagi guru dan juga karyawan lembaga pendidikan yang melaksanakan TPM. Terkait kuotanya, menurut Hakim akan disesuaikan dengan jumlah guru yang terdata di Dinas Pendidikan. Langkah ini untuk memberikan rasa aman bagi siswa dan wali murid saat PTM dibuka. Sedangkan bagi siswa, Hakim mengaku belum bisa memastikan, apakah nanti juga akan dilakukan deteksi dini melalui  rapid test. Menurutnya, pelaksanaan rapid test untuk kalangan siswa, disesuaikan dengan situasi-kondisi PTM.

“Kalau rapid test untuk siswa kan butuh persiapan matang juga, misal jumlah siswanya 14.000 kan kita juga harus siapkan alat dan tenaganya seperti apa. Kita tunggu sanja nanti bagaimana pelaksanaan uji coba dan evaluasinya,” jelas Hakim, saat dikonfirmasi Kamis, (13/11/2020)

Dikonfirmasi terpisah, Didit Rahman Hidayat, Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Kota Blitar mengatakan,  beberapa lembaga pendidikan dan wali murid, mengusulkan pelaksaan rapid test bagu guru dan siswa sebelum PTM resmi dibuka. Menurutnya, langkah itu sangat bagus untuk meminimalisir penularan Covid-19, dan memudahkan satuan tugas melakukan tracking. Namun demikian, pihaknya tetep menunggu dan mengikuti kebijakan dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19.

“Kita hanya sebatas koordinasi saja kemarin itu, karena kita sadar anggaran yang harus disiapkan nanti juga besar kalau harus rapid test siswa,” kata Didit saat dikonfirmasi, Rabu (11/11/2020)

Sementara itu, pelaksanaan PTM di Kota Blitar akan melalui tahap simulasi atau uji coba terlebih dahulu oleh beberapa lembaga pendidikan. Jika lancar, maka akan diterapkan secara keseluruhan di SD-SMP se-Kota Blitar dengan tetap memperhatikan protocol kesehatan Covid-19. (Kir)

Share icon
Dibaca : 26 kali