x

Gallery Batik Kembang Turi Terus Produksi Meski Ditengah Pandemi Covid-19

Blitar Kota - Kamis, (15/10/2020), Blitar memiliki satu ciri khas kain yang saat ini tengah berkembang dikalangan masyarakat. Batik Kembang Turi, salah satu produk UMKM andalan Kota Blitar yang menggambarkan identitas Kota Blitar. Hingga saat ini, Gallery Batik Kembang Turi yang terletak di Kelurahan Turi Kecamatan Sukorejo Kota Blitar terus melakukan produksi.

Hal ini telah dikonfirmasi oleh Parianto, Ketua Gallery Bathik Kembang Turi. Parianto mengatakan, selain memenuhi pesanan, pihaknya bersama 29 anggota lainnya tetap melakukan produksi lembaran kain yang siap di jual. Parianto menambahkan, meski saat ini pendapatan menurun, namun produksi harus tetap dilakukan sebagai upaya untuk mengembangkan inovasi terutama dari segi motif batik. Terlebih saat ini berada di era pandemi Covid-19, tentu mempengaruhi hasil pendapatan Gallery Batik Kembang Turi. Pendapatan yang sebelumnya mencapai 9 hingga 10 juta setiap bulan, kini menurun separuh lebih.

“Kalau pendapatan saat ini pastilah tidak seperti biasa, sebelum ada Covid-19 globalnya bisa sampai 15 juta. Sekarang pesenan aja kadang cuman 10 lembar. Ini separuh lebih,” ungkap Prianto.

Sementara saat disinggung mengenai pengembangan motif batik, Parianto mengatakan pihaknya terus berinovasi. Namun pihaknya memastikan identitas Kembang Turi dan Ikan Koi tidak akan lepas dari motif kain Batik Kembang Turi. Selain itu Parianto menjelaskan, pihaknya tidak hanya membatik di kain saja, namun juga menggunakan media bekas sampah, seperti timba dan kaleng. (Fix)

Share icon
Dibaca : 13 kali