x

Dua Kelurahan di Kota Blitar Dicanangkan Sebagai Kampung Bebas Jentik.

Blitar Kota - Dua Kelurahan di Kota Blitar Dicanangkan Sebagai Kampung Bebas Jentik, pada moment Gertak Gugah DBD, Rabu (16/10/2019), di lingkungan RW 02, Kelurahan Tanggung, Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar. Dua kelurahan itu yakni Kelurahan Tanggung dan Kelurahan Karangtengah. 

Didik Jumianto, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kota Blitar mengatakan, dua kampung bebas jentik itu berada di lingkungan RW 02 Kelurahan Tanggung dan lingkungan Karanglo, Kelurahan Karangtengah. Dipilihnya dua kelurahan ini, karena masyarakat setempat aktif menjaga kebersihan lingkungan, melalui PSN 3M Plus, dan 1 rumah 1 jumantik. Bahkan setelah dilakukan pemantuan Dinas Kesehatan, dari 150 rumah di lingkungan RW 02 Kelurahan Tanggung, hanya 1 rumah yang terdapat jentiknya.  

"Kita memilih dua wilayah ini karena berkaitan dengan komitmen 1 rumah 1 jumantik. Ini penting karena, jika itu berhasil dilakukan, bisa kita bayangkan, seluruh anggota keluarga bisa menjadi kader jumantik, memastikan rumahnya bebas jentik. Otomatis akan menurunkan kembang biak nyamuk aides aygepti," jelas Didik.

Sementara itu, Drs. H Santoso M.Pd, Plt. Walikota Blitar mengatakan, pencangan kampung bebas jentik ini sebagai dorongan Pemerintah agar masyarakat Kota Blitar optimal dalam melaksanakan pencegahan penytakit DBD. Saat ini memang masih dua kelurahan, namun kedepan pihaknya berharap, lingkungan RW 02 Kelurahan Tanggung dan lingkungan Karanglo, Kelurahan Karangtengah, bisa mengimbaskan ke kelurahan lainnya.

“Memang untuk permulaan ini kita tunjuk dua wilayah, nanti kita harapkan bisa mengimbaskan ke kelurahan lain. Target kita program 1 rumah 1 jumantik itu optimal di masing-masing kelurahan,” tegas Santoso.

Sebelumnya Pemerintah Kota Blitar telah melaksanakan Gertak Gugah DBD sebagai langkah pencegahan penyakit DBD yang cenderung meningkat saat musim penghujan. (Kir)

Share icon
Dibaca : 14 kali