x

Diskominfotik Kota Blitar Kuatkan Konsep Smart City Dengan Beberapa Inovasi

Blitar Kota - Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Blitar, terus berupaya mendukung perwujudan Smart City di Kota Blitar. Selain mengoptimalkan program kerja internal, Diskominfotik juga memberikan usulan inovasi Smart City ke beberapa OPD.

Moch. Aminurcholis, Kepala Diskominfotik Kota Blitar mengatakan, Smart City adalah percepatan, kemudahan, dan transparasi pelayanan untuk masyarakat, bukan melulu tentang kecanggihan Tekonologi Informasi (TI). Untuk itu, dalam forum OPD yang diselenggarakan beberapa waktu lalu, selain menampung usulan, Aminurcholis juga memberikan usulan untuk beberapa OPD lainnya. Misalnya untuk Dinas Perhubungan, pihaknya memberikan usulan agar setiap halte bus sekolah dilengkapi dengan lampu penanda, apakah bus sudah lewat atau belum. Bisa dilakukan melalui aplikasi yang bisa dikendalikan oleh driver bus, atau masing-masing bus sekolah disertai sensor. Jika hal ini diwujdukan, tentu akan memudahkan pelajar yang ingin memanfaatkan fasilitas bus sekolah, selaras dengan konsep Smart City.

“Jadi di halte itu ada dua lampu yang terpasang, warna hijau dan merah. Jika lampu hijau yang menyala tandanya bus belum lewat, kalau merah sudah lewat. Jadi pelajar itu tidak menunggu lama, ternyata busnya sudah lewat, ” jelas Aminurcholis.

Pihaknya juga memberikan usulan untuk Dinas Penanaman Modal, Tenaga Kerja dan PTSP berkaitan dengan izin usaha. Jika dinas tersebut mengeluarkan izin usaha, maka harus mewajibkan pengusaha untuk memasang dua CCTV di dalam dan di luar tempat usaha. CCTV yang terpasang di luar nantinya akan diintegrasikan dengan fiber optik, sehingga Pemerintah Kota turut andil dalam pemantauan keamanan usaha. Namun, usulan ini perlu pembahasan lebih lanjut karena membutuhkan regulasi yang jelas, bisa diwujudkan dalam Perwali sebagai dasar pelaksana.

“Ada beberapa usulan lainnya, diharapkan hal itu bisa segera diwujudkan menuju Kota Blitar Smart City, ” tegas Aminurcholis.

Aminurcholis menambahkan, Diskominfotik siap mendukung penuh program kerja di masing - masing OPD, demi percepatan dan kemudahan pelayanan kepada masyarakat. (Kir)

Share icon
Dibaca : 33 kali