x

Dinkes Kota Blitar Ikut Siapkan Pembelajaran Tatap Muka Lewat Unit Kesehatan Sekolah (UKS)

Blitar Kota - Rencana pembelajaran tatap muka (PTM) yang akan dilakukan pada bulan Januari 2021 mendatang sesuai dengan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makariem, saat ini masih mendapat respon beragam dari berbagai kalangan. Satu diantaranya Pemerintah kota Blitar yang sampai saat ini masih mengkaji himbauan Mendikbud ini. Setelah sebelumnya Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Blitar meminta Dinas Pendidikan Kota Blitar untuk mengkaji segala persiapan sekolah, mulai dari sarana prasarana, aturan masuk sekolah ditengah pandemik, dan sebagainya. Kini yang tidak kalah penting juga dari bidang kesehatan, terlebih untuk mengontrol pelaksanaan protokol kesehatan Covid-19 dilingkungan sekolah.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Blitar, Dharma Setyawan mengatakan saat ini pihaknya telah menjalin koordinasi dengan pihak sekolah yang ada di Kota Blitar untuk meningkatkan kualitas Unit Kesehatan Sekolah (UKS), dalam mempersiapkan PTM ditahun depan. Sebelumnya Dinas Kesehatan Kota Blitar juga telah melakukan rapat evaluasi petugas UKS di SD dan SMP Kota Blitar dalam pelaksanaannya nanti. Dharma menilai, UKS SD dan SMP di Kota Blitar sudah cukup bagus, sehingga nanti diharapkan dapat membantu seluruh warga sekolah dalam melaksanakan adaptasi kebiasaan baru ditengah pandemik Covid-19.

“Kita terus lakukan koordinasi dengan petugas UKS di sekolah-sekolah ya, mulai dari SD dan SMP untuk meningkatkan persiapan jelang PTM di tahun 2021 kalau memang dilaksanakan di Kota Blitar. Yang jelas gimana UKS ini bisa untuk mengontrol pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan baru,” saat dikonfirmasi Selasa, (01/12/2020)

Sementara saat disinggung mengenai PTM di Kota Blitar, selain tergantung dengan keadaan wilayah dari keputusan Satgas Covid-19 Kota Blitar, Dharma mengatakan ada tiga hal yang menjadi pertimbangan pelaksanaan PTM 2021 nanti, diantaranya keputusan dari pimpinan daerah, keputusan komite sekolah, serta ijin dari orang tua siswa. (fik)

Share icon
Dibaca : 50 kali