x

Dinas Sosial Kota Blitar Data Lansia Penerima Program 'Home Care' Tahun 2021

Blitar Kota - Pemerintah Kota Blitar semakin berkomitmen untuk menyejahterakan lansia, terutama bagi mereka yang sudah tidak memiliki keluarga atau terlantar.

Kepala Dinas Sosial Kota Blitar, Priyo Istanto mengatakan, program 'Home Care' ini diwujudkan Pemerintah Kota dalam bentuk santunan dan check kesehatan. Tahun lalu dinas setempat menganggarkan secara khusus pelaksanaan program ini, namun karena refocusing anggaran, pelaksanaannya sempat ditunda. Program mulai berjalan saat P-APBD 2020 dengan sasaran sekitar 50-an lansia. Meski tidak merinci secara detail, Priyo mengatakan masing-masing lansia menerima bantuan sekitar Rp. 300 ribu rupiah yang diwujudkan dalam bentuk pampers, susu, obat-obatan, vitamin dan lain-lain.

“Ini menjadi upaya Pemerintah Kota untuk bisa ya meringankan beban lansia dan memberikan sedikit kebahagian dimasa tuanya,” jelas Priyo, saat dikonfirmasi, Jumat (15/01/2021)

Tahun ini, Priyo mengatakan akan memperluas jangkauan home care untuk lansia di 3 kecamatan Kota Blitar. Pihaknya akan bekerja sama dengan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dan kelurahan untuk melakukan pendataan. Priyo tidak memberikan batasan kuota, lansia yang terdata diupayakan mendapat bantuan ini secara penuh.

“Lansia yang menjadi sasaran adalah mereka yang tidak memiliki keluarga  dan kemampuan ekonominya rendah,” kata Priyo.

Priyo juga mengajak agar masyarakat bisa ikut menjaga dan peduli terhadap kelompok lansia disekitarnya. Mengingat Pemerintah juga memiliki keterbatasan anggaran dan tenaga untuk memberikan bantuan ke lansia. (Kir)

 

Share icon
Dibaca : 15 kali