x

Di Tengah Wabah Corona, Dispendukcapil Kota Blitar Buka Layanan e-KTP Secara Online

Blitar Kota - Sejak tanggal 16 Maret 2020 lalu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Blitar menunda pelayanan langsung pengurusan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) hingga waktu yang belum ditentukan. Penundaan ini terjadi karena adanya wabah corona. Namun, warga Kota Blitar masih bisa mendapatkan pelayanan jika dalam kondisi genting, seperti membuat e-KTP untuk mengurus pelayanan kesehatan.

Plt Kepala Dispendukcapil Kota Blitar, Imam Muslim saat dihubungi tim Mahardhika melalui telephone mengatakan, penundaan pengurusan e-KTP ini sesuai dengan edaran surat Direktorat Jendral Kependudukan pada tanggal 16 Maret 2020 nomor 443.1/2978/dukcapil. Imam menambahkan, pihaknya masih membuka pelayanan melalui jalur online, masyarakat tinggal mengirim persyaratan ke nomor admin atau melalui Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan, sipak.blitarkota.go.id.

“Untuk perekaman E-KTP ini sementara ditunda kecuali untuk hal-hal yang sangat urgent. Bagi siswa atau masyarakat yang sudah melakukan perekaman, bisa melakukan percetakan. Tetapi bagi penduduk walaupun umur 17 tahun dan belum melakukan perekaman, karena ada covid dimohon untuk menunda terlebih dahulu agar kita mengutamakan keselamatan terlebih dahulu mas,” ujar Imam

Sebelumnya, Dispendukcapil Kota Blitar telah melakukan program perekaman secara massal di seluruh SMA/SMK di Kota Blitar, namun perekaman massal itu juga dihentikan karena corona. Imam berharap, setelah wabah corona usai, warga Kota Blitar segera mengambil ratusan e-KTP yang sudah dicetak, sedangkan bagi yang hendak melakukan pembuatan dokumen kependudukan, masyarakat harus melalui jalur online. (Afk)

Share icon
Dibaca : 3,037 kali