x

Dharma Wanita Persatuan Blitar Tetap Produktif Dengan Pelatihan Infus Water Rempah dan Kalung Goni

Blitar Kota – Ditengah pandemi Covid-19, Dharma Wanita Persatuan (DWP) SMKN 1 Kota Blitar mengadakan  kegiatan pelatihan pembuatan kalung berbahan karung goni dan infus water rempah di Aula SMKN 1 Kota Blitar, Jumat, (20/11/2020).

Kegiatan ini dihadiri peserta dari ibu-ibu anggota DWP SMKN 1 dan anggota DWP Cabang Dinas Pendidikan Kota Blitar, serta anggota lain dari istri Aparatur Sipil Negara (ASN). Kegiatan ini dilaksanakan guna meningkatkan produktifitas sebagai salah satu solusi meningkatkan ekonomi serta meningkatkan keterampilan untuk bekal dimasa mendatang.

Ketua DWP SMKN 1 Kota Blitar, Sugiarti mengatakan, dimasa pandemi saat ini, tingkat produktifitas semakin menurun. Namun, hal itu perlu diantisipasi dengan tetap selalu produktif melalui berbagai program kegiatan atau megikuti pelatihan-pelatihan yang meningkatkan ketrampilan individu.

Pelatihan ini dimulai dengan agenda rutin, yaitu jumat berkah dalam bentuk angkringan untuk siswa atau masyarakat disekitar lokasi, dilanjutkan acara utama yaitu pelatihan membuat kalung dari bahan karung goni dan infus water. Hasil produk dari peserta pelatihan diberikan kembali untuk dijual atau dimanfaatkan peserta tergantung dari kebijakan DWP sekolah masing-masing.

“Sempat vakum. Lalu kita melaksanakan pertemuan lagi dengan mematuhi protokol kesehatan. Hari ini sudah mengawali kegiatan dengan melakukan Jumat berkah, Alhamdulillah lebih dari 200 paket sudah dibagikan, semoga bisa membantu orang-orang sekitar dan semoga dengan kegiatan ini sesuai dengan tujuan kita yaitu meningkatkan ketahanan rumah tangga dengan meningkatkan keterampilan individu. Dengan harapan produk buatan sendiri untuk bisa dijual secara online atau dijual melalui rumah produksi sendiri” jelas Sugiarti.

Sementara itu, Ketua DWP Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Blitar, Wahyudinawidari Ramli mengapresiasi Pelatihan ini, mengingat dimasa pandemi saat ini banyak kegiatan berhenti dan tengah bergerak lagi. Pelatihan ini sudah dilaksanakan dan terjadwal sejak Juli 2020 lalu. Tidak hanya di SMKN 1 Kota Blitar, Pelatihan ini sudah dilaksanakan di beberapa Sekolah Kabupaten Blitar, diantaranya SMAKN 1 Bakung, SMAN 1 Srengat, SMAN 2 Kota Blitar, dan SMAKN 1 Panggungrejo, serta SMKN 3 Kota Blitar.

Wahyudina menambahkan, pihakya telah menyiapkan ruang bagi anggota Dharma Wanita yang memiliki ketrampilan untuk dikembangkan. Pihaknya menjelaskan, selain untuk melatih keterampilan ibu-ibu Dharma Wanita, kegiatan ini diharapkan menjadi sarana berbagi ilmu menuju Dharma Wanita Cabang Blitar yang maju dan kreatif.

“Untuk melatih keterampilan ibu-ibu dharma wanita baik ibu guru maupun istri ASN. Mencari pasion masing-masing dari segi kerajinan tangan, minimal untuk diri sendiri dan menambah ekonomi keluarga. Setidaknya kami sudah berusaha untuk menjual hasil produk sendiri. Dan kegiatan ini sudah dilakukan sejak bulan Juli Agustus disetiap sekolah sudah ada jadwalnya, dan minggu ini atau hari ini bertempatan di SMKN 1 Kota Blitar. Sebelumnya kami sudah melakukan pelatihan lainnya seperti dari segi kerajinan tangan, pembuatan kompos melalui Takakura, masak memasak dan sebagainya,” jelas Wahyudinawidari.

Seluruh kegiatan berjalan dengan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 sebagai upaya meminimalisir penyebaran di Kota Blitar. (dhir)

Share icon
Dibaca : 26 kali