x

BPKAD Kota Blitar Optimis Bisa Capai Target PBB P2 11,6 Milliar Rupiah

Blitar Kota - Pemerintah Kota Blitar melalui Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (BPKAD), telah menetapkan target Pajak Bumi Bangunan (PBB) Pedesaan dan Perkotaan (P2) tahun 2020, sebesar 11,6 milliar rupiah. Untuk mencapai target itu, Pemerintah Kota menghadirkan beberapa inovasi untuk memudahkan masyarakat dalam membayar pajak.

Widodo Saptono Johannes, Kepala BPKAD Kota Blitar mengatakan target PBB P2 meningkat disbanding tahun lalu, dari 11,3 menjadi 11,6 milliar rupiah dengan ketetapan 12 milliar lebih. Sementara untuk Nomor Objek Pajak (NOP), jumlahnya mencapai 11.800 lebih. Widodo mengaku bisa mencapai target, bahkan pihaknya optimis bisa memenuhi ketetapan sebesar 12 milliar rupiah. Keyakinan itu bukan tanpa alasan, Widodo menyebut ketaatan masyarakat membayar pajak terus meningkat dari tahun ke tahun. Apalagi Pemerintah Kota Blitar menghadirkan layanan pembayaran pajak secara on line, yang semakin memudahkan masyarakat.   

“Kita optimis yang 12 milliar rupiah itu bisa tercapai, karena melihat kesadaran masyarakat dalam membayar pajak itu makin kesini terus meningkat,” kata Widodo.

Widodo menegaskan, pembayaran pajak secara on line sudah diterapkan sejak akhir tahun lalu. Layanan ini sangat mudah, karena masyarakat bisa membayar pajak melalui android selama telah memasang aplikasi M-Banking. Pemkot Blitar bekerjasama dengan bank BRI, BNI, Bank Jatim, dan Kantor POS.

“Kalau dulu offline, masyarakat harus bayar melalui PJP, atau petugas di Kelurahan-Kecamatan, sekarang bisa melalui android masing-masing, sepanjang bisa diintegrasikan dengan m-Banking,” jelas Widodo.

Sementara itu Sobat, BPKAD Kota Blitar tengah melaksanakan pekan panutan pembayaran pajak. Selasa17 Maret 2020, petugas mobil pelayanan pajak Kota Blitar mendatangi kantor DPRD, untuk melayani anggota dewan dalam memenuhi kewajibannya membayar pajak. Kirana Nisa-Mahardhika FM.

Share icon
Dibaca : 10 kali