x

Bawaslu Temukan Ribuan Data Dukungan Ganda

Blitar Kota - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Blitar meminta KPU Kota Blitar kembali meneliti data dukungan bakal calon perseorangan Pilwali 2020, setelah melihat adanya potensi data dukungan ganda dari bakal calon.

Abdul Azis Al Kaharudin, Komisioner Divisi Pengawasan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kota Blitar mengatakan, temuan data dukungan ganda bakal calon perseorangan sudah diserahkan ke KPU Kota Blitar. Jenis data ganda dukungan itu diantaranya data ganda identik yaitu data dukungan sama yang ditemukan di antara pasangan bakal calon perseorangan. Data ganda tidak identik, data dukungan yang NIK-nya sama tapi nama, alamat, dan tanggal lahir tidak sama dan ditemukan di antara pasangan bakal calon perseorangan. Sedangkan, data ganda internal, data dukungan sama yang ditemukan di satu pasangan bakal calon.

Data Bawaslu Kota Blitar menunjukkan jumlah potensi data dukungan ganda dari tiga pasangan bakal calon perseorangan sebanyak 11.060 dukungan. Rinciannya, data dukungan ganda identik sebanyak 8.937, data dukungan ganda tidak identik ada 2.123, dan data dukungan ganda internal sekitar 60.

“Temua data dukungan ganda bakal calon perseorangan sudah kami serahkan ke KPU. Kami minta KPU untuk mencermati ulang datang dukungan itu,” jelas Azis.

Sekadar diketahui, di Kota Blitar terdapat tiga pasangan bakal calon perseorangan Pilwali 2020, yaitu Lisminingsih-Teteng Condro Rukmono, Purnawan Buchori-Indri Kuswati, dan Sumari, Edi Widodo. (Kir)

 

 

 

 

 

Share icon
Dibaca : 38 kali