x

Penjelasan:

Beredar SMS pemberian dana bantuan sosial pemerintah sebesar 150 juta mengatasnamakan pemerintah. Dalam pesan tersebut disematkan link dan juga PIN pemenang.

Setelah ditelusuri, link yang disematkan dalam pesan tersebut mengarah pada link blogspot bukan lama resmi pertamina yaitu https://mypertamina.id/. Melalui laman resminya, Pertamina menjelaskan tidak terlibat dalam undian atau pemberian hibah melalui e-mail/sms. Pertamina juga mengimbau untuk waspada terhadap segala bentuk penipuan termasuk hadiah dan pemberian melalui SMS/e-mail.

Penjelasan:

Sebuah akun Facebook mengunggah foto narasi yang menyatakan bahwa Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) membagikan bantuan sebesar Rp500 ribu untuk masyarakat dengan syarat mengisi sebuah kuisioner. Terlihat bahwa narasi tersebut beredar melalui media sosial Whatsapp.

Namun setelah dilakukan penelusuran, narasi bantuan tersebut ternyata hoaks. Melihat dari tautannya saja, narasi tersebut dapat disimpulkan bukan merupakan tautan resmi dari Kemensos RI.

Penjelasan:

Beredar sebuah pesan berantai melalui WhatsApp yang berisi tautan untuk pendaftaran penerima bantuan sosial sebesar Rp500.000 dari Kementerian Sosial. Ketika tautan tersebut diakses, muncul beberapa pertanyaan terkait data diri yang harus diisi. Dalam pesan tersebut juga dicantumkan batas akhir pendaftaran adalah pada 8 September 2021.

Wali Kota Blitar Distribusikan Ribuan Bansos Beras dari Kemensos RI

Blitar Kota - Bantuan Sosial Beras (BSB) yang diterima Pemerintah Kota dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI, mulai dibagikan ke tiga kecamatan. SBS sebanyak 3.000 paket ini, diberangkatkan Wali Kota Blitar dari halaman Kantor Wali Kota, Selasa (03/08/2021). 
 

Ratusan Paket Sembako Untuk Abang Becak, Pelaku Usaha, dan Pedagang Kaki Lima

Blitar Kota - Jajaran Kepolisian Polres Blitar Kota kembali menunjukkan kepedulian terhadap masyarakat yang terdampak Covid-19.

Lapas Kelas 2 B Blitar Bagikan Bantuan Paket Sembako ke Warga Terdampak Covid-19

Blitar Kota - Lapas Kelas 2 B Blitar membagikan sejumlah bantuan paket sembako ke warga terdampak Covid-19

15 Ton Beras Kemensos RI Untuk Warga Terdampak Covid-19 Siap Disalurkan

Blitar Kota -Pemerintah Kota Blitar kembali menerima bantuan beras dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI sebanyak 15 ton kemasan 5 kg.

Baznas Kota Blitar Salurkan Ratusan Paket Sembako Pedagang Kaki Lima Hingga Anak Yatim

Blitar Kota - Untuk meringankan beban masyarakat khususnya pedagang kaki lima, warga isolasi mandiri hingga anak yatim terdampak Pandemi Covid-19, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Blitar meny

Berlangganan bansos