x
  • [HOAKS] Kopi Hitam Obat Step atau Kejang

    Penjelasan:

    Sebuah akun Facebook mengunggah foto kopi hitam dengan memberikan klaim bahwa kopi hitam adalah obat step dan kejang.

  • [DISINFORMASI] Rekaman Bentrok Antara Suku Dayak dan TKA Tiongkok

    Penjelasan:

    Beredar sebuah unggahan video di media sosial Twitter disertai dengan narasi yang menyebutkan bahwa terjadi bentrokan antara Suku Dayak dengan Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Tiongkok.

  • [HOAKS] KPK Menangkap Wali Kota Solo Gibran

    Penjelasan:

    Beredar sebuah unggahan video di kanal YouTube yang diklaim merupakan video penangkapan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pada thumbnail terlihat Gibran memakai baju oren yang dikelilingi anggota kepolisian dan anggota KPK.

  • [HOAKS] Undangan Seminar Mengatasnamakan Ditjen Belmawa Kemendikbudristek

    Penjelasan:

    Beredar surat undangan seminar mengatasnamakan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Surat tersebut bertema "Seminar Budaya Mutu Kepada Pimpinan Perguruan Tinggi" dan ditujukan kepada pimpinan perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

  • [HOAKS] Penculikan Anak SDN Sukanandur dan Pasirlaja

    Penjelasan:

    Beredar status WhatsApp berisi informasi adanya peculikan sembilan anak Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pasirlaja dan SDN Sukanandur, Kecamatan Rancakalong, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

  • [HOAKS] Gula Merah Lebih Sehat daripada Gula Pasir dan Gula Batu

    Penjelasan:

    Beredar sebuah postingan yang mengklaim gula merah atau gula jawa lebih sehat daripada gula pasir dan gula batu. Postingan tersebut juga menjelaskan masing masing karakteristik gula.

  • [HOAKS] Daftar Kartu Prakerja melalui Rekening BCA dan Pihak Desa

    Penjelasan:

    Beredar informasi bahwa pendaftaran Kartu Prakerja dapat dilakukan dengan cara offline. Informasi tersebut mengeklaim bahwa pendaftaran Kartu Prakerja secara offline dapat dilakukan melalui pihak desa dengan mengisi formulir dan membuka rekening BCA.

  • [HOAKS] Nasa Punya Mesin Pembuat Awan Hujan Buatan

    Penjelasan:

    Akun tiktok bernama muhiq_0 mengunggah video yang menampilkan sebuah mesin mengeluarkan asap tebal menyerupai awan. Dalam narasi video tersebut mengatakan mesin tersebut milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dan jika mesin tersebut dihidupkan hujan akan langsung turun.