x

Warga di Dua Kelurahan Kota Blitar Terima Sertifikat Tanah Progam PTSL

Blitar Kota - Pemerintah Kota bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Blitar menyerahkan ratusan sertifikat tanah dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kelurahan Kepanjenlor Kecamatan Kepanjenkidul dan Kelurahan Gedog Kecamatan Sananwetan, Selasa (18/1/2022).

Wali Kota Blitar, Santoso mengatakan di awal tahun 2022 ini ada sekitar 283 sertifikat tanah yang diserahkan BPN Kota Blitar ke Pemerintah, kemudian diteruskan ke warga penerima. Rincian 238 sertifikat untuk warga Kelurahan Gedog dan 45 sertifikat untuk warga kelurahan Kepanjenlor. Menurut Santoso, penyerahan sertifikat tanah ini menjadi bentuk komitmen Pemerintah dalam menjamin kepastian dan perlindungan kepemilikan tanah masyarakat. Nantinya, masyarakat bisa menjadikan sertifikat tersebut sebagai modal pendampingan usaha dan peningkatan kesejahteraan hidupnya.

“Diawal 2022 ini sekitar 283 sertifikat yang diserahkan oleh BPN, terdiri dari 238 warga Kelurahan Gedog, dan 45 warga Kelurahan Kepanjenlor. Penyerahan ini merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam menjamin perlindungan kepemilikan tanah” kata Santoso.

Sementara itu, Kepala Kantor Pertanahan Kota Blitar, Sukidi mengatakan penyaluran sertifikat tanah ini merupakan lanjutan dari program tahun 2021. Sukidi menyebut penerima di Kelurahan Gedog lebih tinggi karena menjadi sasaran program PTSL tahap ke dua. Sedangkan untuk Kelurahan Kepanjenlor masuk dalam program pendaftaran lintas sektor (lintor) UMKM. Sukidi mengatakan pada penyaluran tahap dua ini, masih ada beberapa kelurahan yang menjadi sasaran, diantaranya Klampok dan Sananwetan.

“Penyerahan di Kelurahan Gedog Kecamatan Sananwetan ini merupakan jumlah terbanyak setelah Kelurahan Tanggung dengan jumlah 450 penerima pada tahap pertama” jelas Sukidi.

Sukidi  berpesan agar warga bisa memanfaatkan sertifikat PTSL dengan sebaik-baiknya dan tidak di salah gunakan untuk kebutuhan yang tidak penting. (Fan)

Share icon
Dibaca : 81 kali