x

Wali Kota Blitar Distribusikan Ribuan Bansos Beras dari Kemensos RI

Blitar Kota - Bantuan Sosial Beras (BSB) yang diterima Pemerintah Kota dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI, mulai dibagikan ke tiga kecamatan. SBS sebanyak 3.000 paket ini, diberangkatkan Wali Kota Blitar dari halaman Kantor Wali Kota, Selasa (03/08/2021). 
 
Wali Kota Blitar, Drs. H. Santoso, M.Pd mengatakan, BSB yang disalurkan ini berupa beras 5 kg yang diperuntukan bagi masyarakat terdampak pandemi Covid-19. Langkah ini juga menjadi bagian dari penanganan Covid-19 di bidang sosial, mengingat Pemerintah Pusat resmi melakukan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV Jawa-Bali hingga 9 Agustus 2021 mendatang. 
 
Santoso menjelaskan, penerima BSB di Kota Blitar ini telah melalui tahap pendataan hingga pengecekan ulang secara bertahap dari Dinas Sosial. Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang memperoleh jatah BSB ini dipastikan tidak terdaftar dalam program sosial lainnya dari Pemerintah Pusat maupun Daerah. Misalnya Program Keluarga Harapan (PKH), Beras Kesejahteraan Daerah (Rastrada), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Sosial Tunai (BST) dan bantuan lainya. Berdasarkan data yang ada, jumlah penerima BSB di Kecamatan Sananwetan sebanyak 1.015 KPM, Kecamatan Kepanjenkidul 1.006 KPM, dan Kecamatan Sukorejo 979 KPM.
 
“Penerima bantuan BSB dikhusukan untuk mereka-mereka yang tidak tercover baik dalam PKH, Rastrada, BPNT, BST dan bantuan lainya. Harapanya bantuan tersebut dapat diterima secara merata oleh masyarakat di Kota Blitar” jelas Santoso.
 
Santoso berharap, BSB dari Kemensos RI ini dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak Pandemi Covid-19 terlebih dalam masa PPKM Level IV Jawa-Bali. (Fan)

Share icon
Dibaca : 95 kali