x

UPTD Puskesmas Sananwetan Berikan Pembinaan Jejaring Puskesmas.

Blitar Kota - UPTD Puskesmas Sananwetan memberikan pembinaan jejaring Puskesmas, dalam rangka meningkatkan layanan fasilitas kesehatan bagi masyarakat. Kegiatan berlangsung di ruang pertemuan Puskesmas setempat, Sabtu 27 November 2021.

Trianang Setyawan, Kepala UPTD Puskesmas Sananwetan mengatakan pembinaan jejaring Puskesmas ini dilaksanakan berdasarkan Permenkes Nomor 43 Tahun 2019. Didalamnya menyebut Puskesmas wajib melakukan pembinaan jejaring. Diperuntukkan bagi dokter, bidan, perawat maupun klinik praktek swasta di Kecamatan Sananwetan. Dalam menjalankan jejaring Puskemas ini, meraka diminta melaporkan penanganan penyakit yang sudah dilakukan setiap satu bulan sekali ke UPTD Puskesmas Sananwetan. Laporan ini akan menjadi tolok ukur pelayanan dan capaian kenirja kesehatan di Kecamatan Sananwetan.

“Jejaring yang dimaksud ini ya antara Puskesmas bersama dokter atau bidang yang membuka prakter di rumah seperti itu,” jelas Trianang.

Trianang menambahkan ada beberapa materi yang disampaikan dalam pembinaan ini. Diantaranya pemeriksaan bagi ibu hamil, penyakit menular (Covid-19, TBC, Demam Berdarah dan HIV) serta penyakit tidak menular lainya yang disampaikan oleh Dinas Kesehatan Kota Blitar.

“Tadi ada 26 peserta yang kami undang. Dari pertemuan ini kita juga sepakati supaya jejaring puskemas ini secara rutin membuat laporan penanganan penyakit,” ujar Trianang.

Trianang berharap melalui pembinaan ini, nantinya seluruh fasilitas kesehatan diwilayah Sananwetan mampu menunjukkan kinerja yang baik dan optimal dalam melayani masyarakat. (Fan)

Share icon
Dibaca : 32 kali