x

Tingkatkan Ekonomi Kreatif di Bidang Fashion, Disparbud Kota Blitar Adakan Lomba Gaun Batik 2020

Blitar Kota - Dalam rangka melestarikan Budaya Batik Indonesia, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Blitar menyelenggarakan lomba dengan tema " Final Desain Gaun Batik Kota Blitar 2020." Acara ini diikuti oleh peserta dari kalangan umum, Minggu, (29/11/2020), di Gedung Kesenian Aryo Blitar

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar, Tri Iman Prasetyono mengatakan, lomba ini dimulai dengan peserta mengirimkan gambar desain batik kepada juri yang dihadirkan dari pegiat fashion dari Malang dan Blitar. Selanjutnya, dari keseluruhan peserta dipilih 10 peserta terbaik. Setelah itu, peserta dipanggil untuk mengikuti lomba final. Tidak hanya membuat desain gambar saja, peserta dituntut untuk mengimplementasikan karya desainnya menjadi gaun batik. 

"Jadi gaun yang dibuat tersebut harus sesuai dengan desain batik yang mereka rancang." Kata Tri iman.

Sementara itu, Tri iman menambahkan lomba ini mendapatkan dukungan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) melalui Disparbud Kota Blitar. Pemenang akan diambil 6 besar dengan rincian Juara 1 mendapatkan uang sebesar Rp. 5 juta. Juara 2, Rp 4 juta, Juara 3, Rp 3 Juta dan Juara harapan 1,2,3. Sementara bagi 4 kontestan lainnya akan mendapat bantuan masing-masing Rp 500.000 sebagai apresiasi dari pembuatan gaun.

Tri Iman berharap, lomba ini bertujaun untuk memicu kemauan serta mengembangkan kemampuan para desainer Kota Blitar. Selain itu, Tri Iman juga menginginkan peserta yang telah mengikuti lomba gaun batik 2020 ini akan diakui masyarakat, sebagai langkah untuk terus berkarya dan berproduksi, sehingga dapat meningkatkan ekonomi kreatif di sektor fashion Kota Blitar. (dra)

Share icon
Dibaca : 17 kali