x

Taman Posyandu Bagi Balita Diatas 2 Tahun

Agar jumlah Balita ke posyandu umur 2 tahun ke atas yang masih kurang dari 80 % meningkat, tim pokjanal Posyandu Kota Blitar mengupayakan untuk lebih mengoptimalkan fungsi Posyandu dengan menambah fasilitas taman posyandu atau PAUD terpadu di Taman Posyandu.

Sri Sugiyanti, Kasi Program Kesehatan dan Upaya Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Daerah Kota Blitar, ketika ditemui di sela-sela aktivitasnya mengatakan, satu diantara tujuan didirikannya taman Posyandu ini adalah agar balita yang berumur diatas 2 tahun yang sudah mendapat imunisasi lengkap yang tidak mau lagi datang ke Posyandu, bisa lebih tertarik lagi untuk datang ke taman Posyandu. Di taman Posyandu, ada beberapa kegiatan PAUD in door maupun out door, dengan menambah fasilitas di luar kelas misalnya, ayunan, tangga majemuk dan permainan anak yang lain.

Sedangkan di Kota Blitar sendiri sekarang sudah ada sekitar 17 taman Posyandu, diantaranya, di Kecamatan Kepanjenkidul berada di Kelurahan Kauman dan Bendo. Sementara itu, di Kecamatan Sukorejo ada di Kelurahan Turi dan Blitar. Sedangkan di Kecamatan Sananwetan dipusatkan di Kelurahan Sananwetan dan Kelurahan Rembang. Semua kegiatan dimasing-masing taman Posyandu ini sudah didukung oleh kader-kader yang terlatih untuk memberikan bimbingan kepada para balita dalam tumbuh kembangnya.

Taman Posyandu ini juga menjangkau balita yang berada dalam keluarga dengan status sosial ekonomi menengah ke bawah. Khususnya dalam bidang pendidikan, menjadi sarana pemberdayaan masyarakat yang perlu dilakukan sejak usia dini. Jika sejak usia dini seseorang sudah memahami dengan baik pola hidup yang sehat dan kemandirian yang bisa dicapainya, maka pencapaian kualitas anak yang sehat dan kreatif juga akan sangat berarti dalam mengentaskan munculnya kasus balita dengan kualitas kesehatan dan status gizi yang rendah.(ning)

Share icon
Dibaca : 551 kali