x

Stok Darah Tetap Stabil Di Tengah Pandemi Covid-19

Blitar Kota - Kebutuhan darah menjadi sangat penting, lantaran dapat membantu kehidupan orang lain, terlebih ditengah pandemi covid-19 yang hingga kini belum usai. Meski demikian, ini tidak berpengaruh pada stok darah yang ada di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Blitar.

 Eko Harianto, Sekretaris PMI Kota Blitar mengatakan, setidaknya ada 20 orang yang mendonorkan darahnya setiap hari di PMI Kota Blitar. Proses donor darah pun dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid-19. Petugas menggunakan APD lengkap, hingga face shield. Sementara calon pendonor diwajibkan mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker. Sebelum memasuki area pendaftaran, pendonor akan dicek suhu tubuh terlebih dahulu. Selanjutnya, pendonor diwajibkan mengisi formulir pendaftaran.

Eko memastikan, formulir yang diisi tidak hanya untuk donor saja, tetapi juga formulir deteksi dini covid-19. Eko mengaku, produksi darah yang dikirimkan disesuaikan dengan permintaan rumah sakit, dengan mengacu pada formulir yang dikirim diikuti contoh permintaan darah.

“Stok darah kita masih aman, kita punya 200. Karena setiap hari sampai 20an orang yang donor Alhamdulillah. Kita juga menerapkan protocol kesehatan, bahkan formulir kita buat 2, yang satu deteksi dini covid-19,” kata Eko, Jumat (07/08/2020)

Hingga hari Jumat, (07/08/2020), total stok darah di PMI Kota Blitar ada 200 kantong, dengan rincian golongan darah A sebanyak 14 kantong, golongan darah B sebanyak 53 kantong, golongan darah O sebanyak 104 kantong, dan AB 29 kantong. (fix)

Share icon
Dibaca : 5 kali