x

Satpol PP Kota Blitar Tingkatkan Pemantauan Lewat CCTV, Sebelum Menertibkan Anjal Gepeng.

Blitar Kota - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Blitar terus berupaya melakukan penertiban anak jalanan (anjal), gelandangan dan pengemis (gepeng). Sebab anjal gepeng yang berkeliaran di Kota Blitar mayoritas berasal dari luar daera.

Kepala Satpol PP Kota Blitar, Yudha Budiono  M.M,  mengatakan penertiban anjal gepeng menjadi salah satu masalah sosial yang memerlukan penanganan khusus. Sebab, meski sudah sering disidak, namun anjal gepeng selalu kembali di titik berbeda. Untuk itu, pihaknya mulai menyiapkan stretegi baru untuk menangani persoalan itu. Diantaranya meningkatkan pemantaua secara digital, melalui CCTV. (25/12/2021)

Bekerja sama dengan Dinas Perhubungan dan Dinas Kominfotik, pengawasan dan pemantauan anjal gepeng dilakukan tanpa melakukan operasi. Jika ada anjal gepeng yang terpantau lewat CCTV, maka petugas akan mendatangi lokasi dan melakukan pendekatan humanis. Namun jika yang bersangkutan enggan pergi, maka Yudha akan melakukan penertiban, pembinaan, hingga dikembalikan ke daerah asal.

“Kita sekarang ini melakukan pemantauan PMKS ini melalui layar monitor yaa, yang sudah terkoneksi dengan Dishub dan Kominfo. Nanti kalau ditemukan PMKS, ya kita berikan pembinaan. Kalau masih ngga bisa ya kita lakukan penertiban. Sekarang relatif sedikit yaa dibanding sebelum-sebelumnya.” tegas Yudha.

Yudha menambahkan, keberadaan anjal gepeng di Kota Blitar biasanya berada dk di Jl. Semeru, Jl. Tanjung, Simpang Empat Kawi, Jl. Jendral Soedirman, Jl. Kenari dan lainnya. (fik).

Share icon
Dibaca : 65 kali