x

Satgas Covid-19 Minta Tokoh Masyarakat Turut Serta Edukasi Warga.

Blitar Kota - Turunnya kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 ini, terlihat dari masih banyaknya yang tidak memakai masker saat beraktivitas di luar rumah, misalnya cafe dan sebagainya. Demikian disampaikan Plt Kepala Satpol PP Kota Blitar, Hadi Maskun, saat dikonfirmasi Minggu (20/11/2020).

Hadi menegaskan, hingga saat ini tim gabungan masih gencar melaksanakan Operasi Yustisi, untuk meningkatkan kesedaran masyarakat dalam menerapkan prokes. Menurut Hadi, banyak masyarakat yang masih abai, meski sebenarnya sudah paham cara memutus mata rantai Covid-19 melalui prokes. Hadi menegaskan, jika masyarakat tidak disiplin, maka upaya Satgas Covid-19 akan sia-sia. Oleh karena itu pihaknya meminta kerjasama dinas terkait dan tokoh masyarakat untuk ikut mengedukasi warga.

Misalnya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar, bisa membantu sosialisasi di tempat wisata. Lalu Dinas Perdagangan dan Perindustrian untuk wilayah pasar, dan lain-lain. Yang terpenting adalah tokoh masyarakat, sebagai seseorang yang memiliki posisi dilingkungannya, untuk bisa ikut andil mensosialisasikan prokes Covid-19.

“Kami dari Satpol PP, TNI-Polri juga tetap menggencarkan Operasi Yustisi siang-malam. Penagakkan hukum juga tetap kita berlakukan bagi pelanggar,” jelas Hadi.

Sementara itu, hingga kini Satgas Covid-19 telah menindak sebanyak 3.139 pelanggar prokes, dengan sanksi teguran lisan, penyitaan sementara KTP, hingga sanksi tindak pidana ringan (Tipiring). (Kir)

 

Share icon
Dibaca : 19 kali